Friday, March 1, 2024
Baru TerbitBerita TeknologiReview HardwareReview ProdukSmartphone

Uji Smartphone Flagship Sharp AQUOS R8s Pro

Jakarta, PCPlus – Setelah resmi diluncurkan secara resmi beberapa waktu lalu, akhirnya PCplus berkesempatan melakukan uji smartphone flagship yang mengusung sensor kamera berukuran 1 inci sebagai salah satu teknologi yang diunggulkan pada smartphone Sharp AQUOS R8s Pro ini.

Unboxing

Seperti biasa, hal pertama yang kita lakukan dalam melakukan review adalah unboxing, alias bongkar paket penjualan. Berikut ini adalah yang kita dapatkan setelah membeli smartphone flagship Sharp AQUOS R8s Pro secara resmi.

  • Unit smartphone Sharp AQUOS R8s Pro
  • Kabel charger USB tipe C to C
  • Adapter/Kepala Charger
  • Converter USB OTG
  • SIM Tray Ejector
  • Earphone
  • Kertas Instruksi

Untuk adapter/kepala charger yang didapatkan pada paket penjualan smartphone ini memiliki parameter daya sebesar 30W. Adapter ini dapat mengisi daya baterai berkapasitas 5000mAh yang dibenamkan di dalam smartphone Sharp AQUOS R8s Pro dengan cepat.

Untuk dimensinya, Sharp AQUOS R8s Pro memiliki ukuran layar 6,6 inci dengan panel display IGZO OLED dengan refresh rate variabel antara 1Hz hingga 240Hz.

Untuk spesifikasi lebih lengkap, bisa disimak pada foto berikut ini :

Benchmark

Selanjutnya, untuk mendapatkan gambaran sekilas mengenai performanya, kami menggunakan aplikasi benchmark Antutu sebagai alat bantu dalam mendapatkan gambaran informasi mengenai performanya. Proses benchmark bisa disimak pada video berikut ini :

Setelah menjalankan proses benchmarking, kita dapat mengetahui skor Antutu yang didapatkan serta kondisi thermal pada perangkat smartphone Sharp AQUOS R8s Pro ini.

Meski smartphone ini menawarkan keunggulan di sektor kamera, dengan kehadiran sensor kamera berukuran 1 inci, terbesar di kelas smartphone, namun secara umum, konfigurasi perangkat kerasnya juga mendukung untuk aktivitas hiburan seperti bermain game. Kami melakukan tes main game Asphalt 9 dengan setting default, performanya bisa disimak pada video berikut ini :

Selain setting default, game ini juga menawarkan setting grafis High Quality. Ketika kami coba ubah setting dari default ke High Quality, game sempat crash, dan harus di-reload dari awal. Setelah dipastikan setting grafis sudah berubah ke High Quality, kami coba bermain kembali dengan setting tersebut dan performanya bisa disimak pada video berikut ini :

Tak hanya gaming saja, smartphone ini juga sangat nyaman untuk digunakan beraktivitas hiburan seperti menonton film atau video hasil rekaman dalam resolusi tinggi. Layar IGZO OLED-nya bukan gimmick belaka. Video berikut ini menunjukkan kualitas layar dan performa smartphone saat digunakan untuk memutar film dengan resolusi FullHD 1080p.

Proses mempercepat adegan atau berpindah time-code dapat dilakukan secara instan. Audio yang diperdengarkan melalui speaker bawaannya pun terdengar cukup lantang.

Durasi pemakaian baterai smartphone Sharp AQUOS R8s Pro ini tergolong wajar dan normal. Kurang lebih seharian lebih, barulah smartphone ini minta diisi ulang. Untuk pengisian dayanya sendiri, smartphone ini juga termasuk ngebut, berkat daya charger 30W yang dimilikinya.

Uji Kamera

Hal yang paling kami sukai dari smartphone ini adalah kameranya. Pada kesempatan kali ini, kami mencobanya dengan memotret diorama yang sudah kami siapkan sebelumnya. Dan hasilnya bisa disimak pada slide berikut ini :

Untuk kebutuhan fotografi mainan atau benda-benda kecil, Sharp AQUOS R8s Pro mampu menangkap setiap obyek dengan sangat detil. Meski obyek berada di dalam ruangan sekalipun, Sharp AQUOS R8s Pro masih sanggup menghasilkan foto yang jernih dan tajam. Demikian pula dengan kemampuan kamera depannya, di mana kami melakukan pengujian dengan mode normal dan mode portrait, yang hasilnya bisa disimak pada foto berikut ini :

Efek blur atau bokeh yang dihasilkan tergolong halus dan terlihat natural. Demikian pula ketika foto diambil di lokasi yang semi-outdoor, di mana latar belakangnya memberikan efek backlight yang cukup kuat akibat pantulan cahaya matahari, Sharp AQUOS R8s Pro masih bisa mengatasi tantangan tersebut dengan sangat baik.

Smartphone ini juga sangat sesuai untuk kebutuhan foto produk. Teknologi AI yang diusungnya mampu menjadikan foto produk tampil menonjol dan menarik perhatian.

Sejauh ini, kemampuan fotografi dari smartphone Sharp AQUOS R8s Pro ini mampu memenuhi ekspektasi sebagai smartphone flagship dengan sensor kamera 1 inci.

Tes Rekam Video

Selanjutnya, kami melakukan tes perekaman video dengan menggunakan smartphone Sharp AQUOS R8s Pro, menggunakan konfigurasi resolusi Full HD 1080 dan 60 FPS. Fitur stabilizer-nya berfungsi dengan sangat baik, sehingga hasil rekaman video yang diambil secara bergerak tetap terlihat smooth. Hasil rekaman videonya bisa disimak pada video berikut ini :

Kami juga sempat mencoba mode perekaman slow-motion dalam resolusi 4K, namun menurut kami, gerak lambatnya terlihat lebih baik ketika menggunakan resolusi Full HD.

Bandingkan video di atas dengan video di bawah ini, mana yang lebih lambat?

Demikianlah uji terhadap smartphone flagship Sharp AQUOS R8s Pro yang hadir secara resmi di Indonesia. Untuk informasi mengenai ketersediaan dan promosi, silakan kunjungi artikel kami yang bertajuk Sharp AQUOS R8s Pro Resmi Hadir di Indonesia.

One thought on “Uji Smartphone Flagship Sharp AQUOS R8s Pro

  • Wow, web ini benar-benar mengesankan! Desainnya yang menarik membuatnya nyaman untuk digunakan, dan antarmukanya sangat intuitif. Saya suka bagaimana semuanya terorganisir dengan baik.

Komentar kamu