Wednesday, April 17, 2024
Berita Teknologi

Sennheiser Gandeng sensiBel, Bikin Mikrofon Canggih

Jakarta, PCplus – Sennheiser menginvestasikan 7 juta Euro pada sebuah bisnis asal Norwegia bernama sensiBel. Perusahaan ini telah mengembangkan mikrofon MEMS optik yang menghadirkan kualitas suara kelas atas dengan ukuran yang sangat kecil. Mikrofon mini ini memberikan pengalaman yang baru dan lebih baik untuk berbagai bidang. Termasuk consumer electronics, otomotif, solusi konferensi, dan alat medis.

Baca Juga: Sennheiser Segera Hadirkan Headphone dan Headset Baru

Sennheiser Group berkomitmen untuk terus menciptakan masa depan dunia audio dan pengalaman suara yang luar biasa. Sebagai perusahaan milik keluarga, mereka semakin memperluas posisinya sebagai penyedia solusi audio profesional yang kuat. Co-CEO Daniel Sennheiser menjelaskan, “Kami ingin berkembang menjadi perusahaan yang berkelanjutan. Selain berinvestasi dalam bisnis kami saat ini, kami juga melakukan investasi pada bidang-bidang di luar perusahaan yang menjanjikan. Selama sejalan dengan visi kami.” Andreas Sennheiser menambahkan, “Teknologi inovatif MEMS optik sensiBel jelas merupakan bidang baru yang menjanjikan. Sebagai investor, kami berharap dapat secara aktif mendorong perkembangan revolusioner ini.”

sensiBel sendiri telah mengembangkan mikrofon mini menggunakan teknologi optik yang memungkinkan perubahan generasi dalam kinerja mikrofon MEMS. Saat ini, teknologi ini sedang diuji coba dengan para pelanggan utama. CEO sensiBel, Sverre Dale Moen, mengatakan bahwa perusahaannya memiliki visi yang sama dengan Sennheiser. “Dan kami bangga menyambut Sennheiser sebagai investor kami. Kami yakin bahwa investasi dari perusahaan audio yang sangat terkenal ini menunjukkan manfaat teknologi dan potensi teknologi MEMS optik untuk membentuk masa depan mikrofon mini,” jelas Sverre.

Menggunakan gelombang cahaya

Fitur khas dari teknologi unik sensiBel adalah penggunaan gelombang cahaya untuk mengukur gerakan diafragma. Berbeda dengan mikrofon MEMS konvensional yang mengukur medan listrik antara diafragma yang bergerak dan backplate. Dalam sistem optik sensiBel, laser menghasilkan sinar cahaya yang diproyeksikan ke membran mikrofon dan dipantulkan pada photo detector. Teknologi ini mampu mengukur pergerakan yang sangat kecil. Hasilnya, ia bisa menangkap tingkat noise yang sangat rendah, bahkan ketika ada background noise yang keras.

Selain itu, mikrofon MEMS optik dapat menahan tingkat tekanan suara yang tinggi. Sekaligus memberikan dynamic range yang besar kepada pengguna. Dengan ini mikrofon mampu menghadirkan kualitas suara yang jauh lebih baik daripada solusi MEMS sebelumnya yang ada di pasaran. Spesifikasinya sendiri keren, ada 80 dBA SNR (14 dBA noise floor), dynamic range 132 dB, output digital 24-bit, dan konsumsi daya rendah. Semua dipaket dalam desain ringkas.

Dengan kolaborasi ini, Sennheiser dan sensiBel berkomitmen untuk menghadirkan inovasi audio yang lebih baik dan memperkuat posisi mereka di industri ini.

Komentar kamu