Thursday, June 20, 2024
Berita Teknologi

Appdome MobileEDR, Bikin Smartphone Makin Aman

Jakarta, PCplus – Appdome, platform terdepan dalam pertahanan aplikasi mobile beru saja memperkenalkan Appdome MobileEDR. Buat yang belum tahu, ini adalah layanan perlindungan aplikasi mobile terbaru untuk smartphone. Ia mengintegrasikan kemampuan Mobile Threat Defense (MTD) dan Endpoint Detection & Response (EDR) dalam satu produk tanpa agen.

Baca Juga: Aplikasi Anti Tipu-Tipu Dari Appdome

MobileEDR memanfaatkan lebih dari 300 mekanisme perlindungan dari platform Appdome untuk mendeteksi ancaman dan serangan mobile secara real-time. Ia juga mampu melakukan inspeksi mendalam perangkat mobile, dan implementasi universal. Fungsinya untuk mengamankan jaringan dan sumber daya perusahaan dari serangan malware, supply chain, dan lain-lain.

Solusi tanpa kode dan tanpa server pertama di dunia

MTD dan EDR mobile yang ada saat dianggap belum mampu memberikan perlindungan yang cukup terhadap ancaman mobile yang terus berkembang. Solusi awal ini membutuhkan agen perangkat lunak yang bergantung pada pengguna. Seperti aplikasi mobile atau profil terpisah, yang harus diinstal pada perangkat mobile. Kehadiran agen, aplikasi, dan profil tambahan ini menimbulkan kekhawatiran privasi di kalangan karyawan. Hal itu juga dapat menghambat adopsi, serta dapat dinonaktifkan oleh pengguna. Sehingga menciptakan celah dalam inspeksi perangkat dan deteksi ancaman mobile. Selain itu, solusi ini juga seringkali membebankan tim pengembangan mobile dengan implementasi manual dan SDK yang rumit. Sehingga menyebabkan banyak tim menghentikan atau meninggalkan implementasi MTD dan EDR mobile. Appdome mengatasi tantangan ini dengan menyediakan solusi tanpa agen, tanpa kode, dan tanpa server pertama di dunia untuk aplikasi mobile perusahaan, memastikan penerapan dan perlindungan perusahaan yang optimal.

Richard Stiennon, Chief Research Analyst di IT-Harvest, menjelaskan kalau solusi EDR dan deteksi ancaman mobile gagal diadopsi secara luas. Hal tersebut disebabkan karena kekhawatiran privasi dan kepatuhan, kompleksitas implementasi SDK, dan kurangnya kepercayaan pengguna akhir mobile terhadap aplikasi dan agen MTD pada perangkat BYOD mereka. “Dengan pendekatan Appdome, perusahaan memiliki kontrol penuh atas Mobile EDR dan MTD, termasuk perlindungan, respons, dan visibilitas, tanpa terhambat oleh pendekatan berbasis SDK, server, dan agen.” kata Richard.

Terintegrasi dalam aplikasi mobile

Appdome MobileEDR adalah solusi EDR dan MTD mobile yang terintegrasi dalam aplikasi mobile perusahaan. Ia hadir melalui platform pertahanan aplikasi mobile tanpa kode yang dipatenkan oleh Appdome. Dengan menyediakan inspeksi perangkat, deteksi ancaman, dan kemampuan telemetri pada aplikasi itu sendiri, Appdome menawarkan pemantauan yang berkelanjutan dan komprehensif terhadap perangkat Android dan iOS. Termasuk smartphone, aplikasi embedded, aplikasi VR, dan aplikasi wearable.

Inspeksi ancaman mobile dilakukan sepanjang siklus hidup setiap aplikasi mobile. Hebatnya hal ini dilakukan tanpa server, panggilan server, atau autentikasi eksternal. Hal ini memastikan perlindungan runtime yang menyeluruh, meningkatkan stabilitas dan responsivitas, serta mencegah pemalsuan sinyal yang sering terjadi dengan layanan autentikasi server.

Tom Tovar, co-creator dan CEO Appdome, menyatakan, “Kami telah mengembangkan solusi EDR/MTD mobile pertama yang memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mendeteksi dan merespons ancaman mobile. Kasus SolarWinds mengajarkan kita bahwa malware pada perangkat mobile dapat membahayakan jaringan perusahaan. Untuk melindungi jaringan perusahaan, diperlukan tingkat adopsi yang tinggi dan persisten dari solusi EDR/MTD mobile. Solusi tidak akan efektif jika tidak digunakan atau dapat dimatikan.”

Fitur Appdome Mobile EDR

Fitur utama dari solusi Appdome MobileEDR meliputi:

Pemberian Layanan Usaha dalam Aplikasi

Appdome MobileEDR adalah solusi yang dapat diimplementasikan pada aplikasi mobile. Ia bisa dikembangkan secara internal maupun oleh pihak ketiga tanpa kode, pemrograman, SDK, atau server. Seluruh kemampuan EDR/MTD mobile disertakan dalam aplikasi perusahaan dan dirancang untuk tahan terhadap reverse engineering dan serangan.

Inspeksi Ancaman Seluler Saat Penggunaan

Fitur Threat-EKG Appdome berfungsi sebagai solusi EDR/MTD mobile yang berkelanjutan selama siklus hidup setiap aplikasi mobile. Fitur ini hanya beroperasi ketika aplikasi mobile perusahaan digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kekhawatiran privasi dan memungkinkan deteksi ancaman mobile yang relevan secara real-time.

Deteksi Ancaman Seluler Terlengkap

Appdome mengemas lebih dari 300 mekanisme pertahanan aplikasi mobile. Termasuk anti-malware, anti-spyware, anti-vishing, anti-fraud, anti-social engineering, kepatuhan geo. Ada juga pertahanan anti-bot dalam untuk menawarkan inspeksi perangkat mobile, EDR, dan MTD yang paling komprehensif di pasar.

Implementasi Di Mana Saja

Model Anywhere Enforcement™ Appdome MobileEDR memungkinkan perusahaan untuk menggunakan data deteksi ancaman mobile dan pertahanan di seluruh infrastruktur perusahaan. Termasuk aplikasi mobile, server aplikasi mobile, lapisan layanan IAM, UEM/MAM/MDM, atau firewall/WAF, memastikan manfaat penuh dari inspeksi perangkat yang mendalam.

Tingkat Kepercayaan Seluler yang Adaptif

Appdome MobileEDR adalah sistem deteksi dan pertahanan ancaman mobile yang memungkinkan perusahaan untuk menetapkan tingkat kepercayaan dalam mengevaluasi ancaman mobile pada perangkat. Perusahaan dapat memilih antara Zero-Trust, yang memastikan perangkat bebas dari ancaman tertentu sebelum mengizinkan koneksi. Atau Dynamic Trust, yang mengevaluasi status perangkat secara dinamis.

Appdome ThreatSource™

Dilengkapi dengan ID pengguna aplikasi atau sessionID. Appdome MobileEDR memungkinkan perusahaan untuk melakukan investigasi dan telemetri yang lebih mendalam terhadap ancaman dan serangan.

Appdome ThreatScope™ Mobile XDR

Data telemetri ditampilkan secara visual pada ThreatScope. Hal ini memberikan visibilitas instan dan respons cepat terhadap ancaman atau serangan pada aplikasi Android & iOS.

Chris Roeckl, Chief Product Officer Appdome, menyebut bahwa perusahaan membutuhkan cara yang lebih fleksibel dan gesit dalam menghadapi ancaman mobile, malware, dan NSO. Serta melindungi karyawan dan jaringan secara efektif. “MobileEDR adalah satu-satunya EDR dan MTD mobile yang tidak hanya melakukan inspeksi perangkat dasar. Tetapi juga mencakup kepatuhan geo, pertahanan terhadap rekayasa sosial, dan banyak lagi. Kami bersemangat untuk memperkenalkan produk ini kepada perusahaan di seluruh dunia.” tutup Chris.

Komentar kamu