Friday, May 3, 2024
Fitur

Fitur Baru IE 11 di Windows Phone 8.1

ie-readingview-hero

Bagi kamu yang sudah menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1 (Developer Preview), Microsoft telah melakukan berbagai perbaikan maupun pembaruan. Salah satunya yaitu Internet Explorer 11 (IE11). Peramban ini banyak menambahkan fitur-fitur baru yang membuat pengguna makin nyaman menjelajah internet dibanding sebelumnya. Apa saja kah fitur-fitur tersebut? Berikut diantaranya:

Download dan upload file

Pada IE sebelumnya, kamu tidak bisa melakukan unggah dan unduh file secara langsung dari peramban. Kini dengan IE 11, kamu bisa melakukan keduanya. Jika kamu perhatikan, akan terdapat folder Download yang bisa dilihat melalui File Explorer dimana terdapat file hasil unduhan. Sedangkan jika kamu mengunduh file MP3, otomatis akan tersimpan di folder Music.

InPrivate Browsing

Kini kamu bisa menjelajah internet dengan lebih aman tanpa meninggalkan jejak. Dengan aktifnya fitur ini, IE tidak akan menyimpan data cache, cookies, temporary files, history, dan lainnya, sehingga kamu tidak akan terlacak setelah menjelajah suatu situs.

Reading mode

Pada mode ini, kamu akan mendapati halaman situs menjadi lebih jelas tanpa adanya tampilan sidebar, header, atau footer, dan hanya menampilkan teks dan gambar dalam satu halaman utuh. Sayangnya tidak semua situs mendukung fitur ini. Untuk mengetahui apakah suatu situs mendukung fitur Reading mode adalah dengan melihat logo/ikon buku pada address bar. Jika melihat ikon tersebut, kamu tinggal menekannya dan Reading mode pun segera aktif.

Jumlah tab yang tidak terbatas

Sebelumnya, kamu hanya bisa membuka maksimal sebanyak 6 tab saja. Kini hal tersebut tidak berlaku lagi. Dengan IE 11, kamu bisa membuka tab sebanyak-banyak tanpa ada pembatasan.

Menyimpan password

IE 11 memiliki kemampuan untuk menyimpan password dari suatu situs sehingga kamu tidak perlu melakukan hal tersebut saat masuk ke situs yang sama. Namun untuk itu kamu mesti mengaktifkannya dulu dengan cara masuk ke IE>Settings>Advanced Settings>Website Password, dari sini kamu bisa menentukan pilihan yang tersedia.

Geser kiri dan kanan

Kemudahan dihadirkan saat kamu melakukan navigasi. Jika biasanya kamu mesti menekan tombol Back untuk kembali ke halaman sebelumnya, kini cukup menggesernya (swipe) ke arah kiri. Begitu pula untuk kembali ke halaman awal, tinggal geser ke arah kanan.

Sinkronisasi

Jika menggunakan akun yang sama, kamu bisa melakukan sinkronisasi antara IE11 di Windows Phone 8.1 dengan IE11 di Windows 8 versi desktop. Dengan fitur sinkronisasi ini kamu bisa menghubungkan data tab, favorite, dan juga history antara dua perangkat tersebut sehingga kamu bisa menggunakan data yang tersimpan dan membukanya dari mana saja.

Pin situs

Mengadopsi fitur IE11 versi desktop, kini kamu bisa menampilkan suatu situs ke Start Screen sebagai tile. Jika situs tersebut mendukung maka kamu akan melihat tile tersebut akan berganti berita atau informasi sesuai updatenya (live tile).

Inline video

Sebelumnya, kamu mesti meninggalkan peramban saat membuka video dari situs tertentu. Kini dengan IE11, kamu bisa langsung menjalankan situs berbasis video tanpa harus keluar dari peramban.

Fitur Data Sense

Fitur Data Sense pertama kali diperkenalkan pada Windows Phone 8 dimana berguna untuk membantu pengguna untuk memantau serta menghemat penggunaan bandwith, terutama bagi kamu yang memiilki kuota internet terbatas. Kini dengan pembaruan yang dilakukan pada IE 11, fitur ini juga disematkan didalamnya. Kamu bisa mematikan ataupun memilih pengaturan yang ada secara otomatis ataupun manual. (gbr.sepuluh)

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Komentar kamu