Ditutup, Kursus Hacking di China

Hacker_DetectedJAKARTA, SELASA – Keterampilan meretas (hacking) itu bak pisau bermata dua.  Jika salah digunakan, ia bisa merugikan banyak pihak. Mungkin karena satu sisi inilah Pemerintah China menutup apa yang kabarnya merupakan situs pelatihan terbesar untuk para hacker di China. Tiga orang pun ditangkap. Begitu lansir China Daily.

Sekitar 50 polisi China telah menyelidiki situs pelatihan Black Hawk Safety Net, yang secara terang-terangan merekrut calon hacker secara online. Dengan membayar sedikit biaya, para hacker akan mendapatkan pelajaran tentang perang cyber (cyberwarfare). Mereka juga mendapat kesempatan untuk mengasah keterampilannya dalam serangan-serangan Trojan.

Black Hawk Safety Net membuka pendaftaran pertamanya pada tahun 2005. Saat ini, kursus tersebut memiliki lebih dari 12.000 anggota VIP . Melalui sistem keanggotaannya, mereka sudah mengumpulkan lebih dari tujuh juta yuan, yang kira-kira setara dengan 5 juta poundsterling.

Masih menjadi pertanyaan apakah sekolah atau para anggotanya terlibat dalam serangan Google beberapa minggu lalu. Namun bagi pemerintah China, jawabannya tidak terlalu penting. Yang penting,  saat ini pemerintah China terlihat mengambil langkah proaktif dalam memerangi kejahatan cyber dan bukannya sekadar omong doang.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

32 thoughts on “Ditutup, Kursus Hacking di China

  • 10 February 2010 at 10:18 AM
    Permalink

    hebat ya China….

  • 10 February 2010 at 4:47 PM
    Permalink

    keren.. di indo gak da ya,,,,
    pengen kursus juga 😀

  • 11 February 2010 at 6:59 PM
    Permalink

    di ind0nesia ada ga ya.. hehehe..

  • 12 February 2010 at 8:45 AM
    Permalink

    China emang gag prnah omonk doank tpi ngebuktiin lngsung!!!

  • 18 February 2010 at 1:07 AM
    Permalink

    di indonesia ada… alamat nya di jalan cinta no 5 provinsi trojan….

  • 18 February 2010 at 6:21 PM
    Permalink

    di indonesia gak ada kursusnya aja malingnya banyak, apalagi ada kursusnya makin jadi aja…”

  • 23 February 2010 at 5:24 PM
    Permalink

    yeheeeee. china bisa kayak gitu…. gimana indonesia ya……? pokoknya jarang-jarang deh ada yang jebol-jebolan kayak gitu di indonesia yah… orang baik smua sich!!!

  • 24 February 2010 at 1:57 PM
    Permalink

    buat aku hacker to orang pintar, . . .
    pengen belajar………

  • 25 February 2010 at 10:51 AM
    Permalink

    mau duung kalau di indonesia ada heuheuehu

  • 26 February 2010 at 11:34 AM
    Permalink

    waaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  • 10 March 2010 at 4:55 PM
    Permalink

    banyak kok di Indonesia juga … bisa gratis lagi belajarnya hehehe …

  • 19 March 2010 at 11:37 AM
    Permalink

    di indonesia ada tapi bukan untuk kejahatan,hanya sekedar untuk mengasah otak manusia bisa nggax memecahkan masalah tersebut(virus),nama perguruannya HLCI(hacking life community)

  • 19 March 2010 at 5:36 PM
    Permalink

    bener china tegas banget kepada para hacking

  • 7 April 2010 at 10:07 PM
    Permalink

    Di indonesia telah dibuka Sekolah tandingan.. Sekolah Mafia Pajak… wkwkwkwkwk… ;P

  • 14 April 2010 at 3:23 PM
    Permalink

    weyyyyyyyyy bagus kalo di cina di tutup kursus hacking
    dan para hacker di negara kita Indonesia harus kita cegah

  • 29 May 2010 at 8:11 PM
    Permalink

    Hacking, Hacker itu apa sih? , he ,he ,..he

  • 1 June 2010 at 1:44 PM
    Permalink

    APAKAH ADA SESEORANG HACKER YG MAU MENJADIKAN SAYA ANGGOTA’NYA ????????

  • 14 June 2010 at 9:55 AM
    Permalink

    bagus itu kursusu ya yang penting digunakan untuk tujuanj menolong,bkn membobol.

  • 16 June 2010 at 1:55 PM
    Permalink

    Diindo juga banyak orang ahli peretas, tapi gak pada nongolin muka. Apalagi sekarang undang undang IT. Bahaya buat peretas. Juga kalau diindo kedapatan orang hacking bukan dibina malah dibinasakan alias dipenjara bareng2 ama maling dan rampok. Coba dibina kan bisa jadi aset negara. Bisa bantu kepolisian dalam menangani masalah cyber crime. Ibaratnya nyuruh mantan maling jadi anggota keamanan, khan pola pikirnya masih sama dengan maling jadi gampang nyari maling yang lain.

  • 21 June 2010 at 10:59 PM
    Permalink

    Jadi pengen ikutan nieh, ada ga ya di indonesia ????

  • 24 July 2010 at 10:36 AM
    Permalink

    wah, berani org cina y,,,

    setujuh ama bang ghozim,,,
    mang sih pemerintah belum bisa menghargai kelebihan putra bangsa,,,
    terlalu nurut ma donatur,,,

  • 3 August 2010 at 12:12 PM
    Permalink

    they stole my money,..i stole too… he..he..

  • 3 August 2010 at 12:13 PM
    Permalink

    hebat.. itu namanya hebatttttttttt

  • 17 September 2010 at 11:11 AM
    Permalink

    keren….
    kapan ya d INDO
    ;;;;;

  • 23 September 2010 at 2:25 PM
    Permalink

    di indonesia juga ada,

    kan indonesia urutan hacker 10 dunia,

  • 28 September 2010 at 11:43 PM
    Permalink

    kaya na asyik ney
    mao juja dunk

  • 16 November 2010 at 5:10 PM
    Permalink

    mari kita cegah kegiatan hacking di Negara kita INDONESIA
    Semoga para hackeer sadar akan kerugian yang di timbulkan akibat ulah Merka…

  • 26 December 2010 at 8:07 PM
    Permalink

    baguslah tapi lebih bagus kalo di negara kita uga di adain kayak gito..:D

  • 26 May 2011 at 7:18 PM
    Permalink

    Memang Seperti itu seharusnya diadakan sekolah Hacking, Memang tidak aneh kalaw cina anak smp aja sudah bisa.

    Seharusnya di Indonesia juga ada penerapan pembelajaran seperti itu agar di Indonesia lebih maju dalam dunia cyber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: