Targetkan Pasar Printer Laser 30%, Samsung Perdalam Pasar

CLP-620ND~SEE_23_1600x1600JAKARTA, RABU – Pasar printer laser di tanah air memang tidak sebesar printer inkjet. Besarnya, tutur Winny Windiarini (Printer & Consumables Product Manager, PT Samsung Electronics Indonesia) yang mengutipkan data prediksi IDC, diperkirakan mencapai 191 ribu unit.  “Kecil. Dari total pasar printer Indonesia, hanya 10 persennya laser. Sisanya printer inkjet,” jelasnya.

Dari jumlah tersebut, Samsung menargetkan bisa menggaet 30% pangsa pasar tahun ini. “Walapun bertahan di No. 2, kami mau menggeser pangsa pasar. Sebenarnya ada beberapa produk kami yang menang di beberapa segmen, seperti mono laser,” ungkap Winny.

Salah satu cara Samsung memperbesar pangsa, jelas Yuliasiane Sulistiyawati (Managing Director, PT Pazia Pillar Mercycom), adalah dengan memperdalam jaringan distribusinya. “Tahun 2009, untuk penyebaran printer Samsung di Indonesia ada 19 kota. Tahun 2010 paling tidak kami ada di 33 kota. Dan lebih dalam, kalau bisa ada kabupaten, tidak hanya propinsi,” katanya sambil menandaskan bahwa pasar Indonesia sangat besar dan peluang pasar tahun ini akan lebih bagus dibandingkan tahun lalu.

Perluasan pasar ini sesuai dengan fokus Samsung di tahun macan ini. Tahun ini, menurut Yuliasiane, Samsung fokus di low dan mid-end market untuk SMB (small and medium business) maupun korporat.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Targetkan Pasar Printer Laser 30%, Samsung Perdalam Pasar

  • 22 February 2010 at 10:51 AM
    Permalink

    aku sedang mncari printer laser warna untuk keperluan bisnis cetak photo. Tapi aku masih memiliki kendala dalam menentukn kertas fotonya. Aku ingin pake kertas foto glossy. Tapi, kata kebanyakan orang, kertas foto glosy yang beredar di indonesia masih akan meleleh lapisan glosynya jika terkena heating printer laser. Dan nanti hasilnya akan kurang bagus.

    aku minta info dan juga penjelasannya tentang solusi hal diatas, baik jenis kertas yang harus digunakan, maupun hal2 lainnya…

    terimakasih sebelumnya_

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: