Bintang Merah itu Bertampang Windows

RedStar_DesktopJAKARTA, SENIN – Tampangnya mirip Windows. Kelakuannya pun tak beda dengan Windows. Tapi ini bukan Windows, melainkan Linux!

Sistem operasi bernama Red Star ini dibesut oleh pemerintah Korea Utara. Begitu ungkap blogger LiveJournal dan mahasiswa Rusia ashen_rus seperti dikutip hothardware.

Mikhail, begitu nama asli ashen_rus, telah memposting ulasang tentang Red Star OS di blog-nya. Berikut hasil terjemahan ulasan berbahasa Rusia yang dilakukan oleh Google Translate.

Menurut Mikhail, Red Star diciptakan atas permintaan Kim Jong-il. OS ini terdiri dari dua versi, termasuk server dan client. Instalasinya memakan waktu 15 menit di sistem AMD Athlon XP 1500+ milik Mikhail. Kebutuhan sistem minimum adalah Intel Pentium III 800MHz CPU, RAM 256MB, dan ruang harddisk 3GB drive.

Tidak disebutkan kernal apa yang mendasari Red Star, tapi Mikhail mengatakan bahwa rilis ini belum sepenuhnya stabil dan masih perlu dikembangkan lebih jauh. Danyang sangat jelas, Red Star mencoba untuk memadukan tampilan dan gaya dari Windows OS dengan onderdil Linux.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.