Silakan Menjajal Gnome 2.30

JAKARTA, SENIN – Pengembang desktop Linux Gnome Project mengumumkan bahwa versi mutakhir dari lingkungan desktop-nya sudah siap dipakai.

Update di Gnome 2.30 bukanlah sebatas kulit, kendati projek ini menyebutkan adanya peningkatan yang kasat mata. Ada sesuatu yang lebih penting di update tersebut, termasuk ‘peningkatan platform’ bagi para pengembang.

Gnome adalah lingkungan desktop default di sejumlah distribusi Linux yang populer, termasuk Ubuntu, kendati desktop project KDE saingannya juga mudah didapat. Kedua projek ini vital bagi penerimaan Linux di desktop karena menyediakan tampilan dan fleksibilitas sistem operasi.

Gnome 2.30 menyertakan update ke file manager dan klien instant messaging dan menambahkan opsi aksesbilitas bagi mereka yang pendengaran atan penglihatannya agak kurang. Bagi para pengembang, headline-nya adalah GTK+ toolkit baru.

Version baru Gnome ini akan disertakan dalam rilis mendatang OpenSuSE. Novell menyebutkan bahwa para pengguna OpenSuSE 11.2 bisa dengan mudah melakukan upgrade.

Nah jika kamu masih pakai Gnome versi lama dan ingin tahu apa saja yang diributkan ini, ayo tekan tombol update software distro Linux kamu atau gunakan cara manual.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.