Wuih, Intel Bagi-bagi Sampel Eksperimen Chip 48-Core

Intel_48-CoreJAKARTA, JUMAT – Kamu pikir chip 6-core sudah keterlaluan? Eh, Intel baru saja ngumumin rencananya untuk mengirimkan PC-PC yang dilengkapi dengan CPU 48-core kepada beberapa peneliti yang  beruntung pada akhir kuartal kedua ini loh!

Tentu ini tidak berarti uang US$ 1100 yang baru kamu bayarkan untuk Core i7 980X itu sia-sia. Psst, sebagai bagian dari proyek riset, 48-core itu belum tentu tersedia secara komersial. Jika pun tersedia kelak, ia akan ditujukan pada mainframe dan supercomputing, bukan desktop rumahan.
Cuma tetap saja ada yang bikin iri. Arsitektur di belakang 48-core menyertakan tweak yang mengurangi bottleneck memori dan komunikasi yang ada di semua prosesor x86. Menurut

Sean Koehl, technology evangelist di Intel Labs, 48 inti (core) itu ditata dengan banyak titik untuk menerima dan mentransfer data. Setiap inti punya on-chip buffers untuk langsung bertukar data secara paralel di seluruh inti.

Sedangkan untuk manajamen daya, 48-core itu cuma menyita antara 25W dan 125W. Inti-inti itu juga bisa diperlambat atau sepenuhnya dimatikan demi menghemat daya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.