Asus: Kualitas Suara Notebook tidak Cukup

Asus NX50 dengan speaker di sisi kiri dan kanan layar.
Asus NX90 dengan speaker di sisi kiri dan kanan layar.

TAIPEI, SELASA – Para pengguna notebook yang juga pemakai PC desktop pasti pernah mengalami hal ini. Kualitas audio yang mengecewakan di notebook. Suara yang kecil dan tidak bulat, tidak sekaya di PC desktop.

Harap maklum, agar kualitas suara bagus diperlukan speaker driver yang besar. Padahal ruang di notebook tidak memungkinkan hal tersebut bukan? Namun driver saja tidak cukup, juga perlu ada bass yang besar yang kemudian dikonversi ke accoustic power. Tapi menurut Henry Huang dari Golden Year Team Asus, frekuensi 100 – 500 Hz tidak bisa direproduksi oleh notebook konvensional. “Keras saja tidak cukup. Karena di notebook banyak parts yang bergerak dan bikin noise.”

Jangan khawatir, sebentar lagi akan hadir notebook dengan kualitas audio yang mendekati sempurna. Namanya Asus NX90. Agak lain dari kelaziman, speakernya besar dan diletakkan di luar – sisi kiri dan kanan – panel LCD. “Kalau diletakkan di sisi kiri dan kanan panel keyboard atau di depannya, kualitas suaranya kurang baik,” tutur Henry sambil mendemokan dengan memukul bagian sisi notebook saat PCplus berkunjung ke kantor pusat Asus di Peitou.

Memang kualitas suara yang dihasilkan notebook terdengar jauh lebih mantap. Kendati disetel dalam volume terkuat, tidak terdengar distorsi. Bass-nya berdentam dalam. Jernih, mengisi seluruh ruangan. Juga kaya suara.

Rahasianya? Adalah teknologi Asus SonicMaster yang dikembangkan bersama Bang & Olufsen, pemain ternama di bidang audio. “Speakernya 10x punya notebook biasa. Musik terdengar mengisi seluruh ruangan, termasuk echo dan cinematic feeling,” kata Jonney Shih (Chairman, Asustek) dalam acara jumpa pers di hotel Grand Formosa siangnya.

Keistimewaan lain, NX series ini merupakan notebook pertama yang dilengkapi dua touchpad. Letaknya pun tak lazim, di kiri dan kanan panel keyboard. Tapi ternyata enak juga dipakai.

Notebook seri NX ini berat, sekitar 4kg. Maka ia tidak ditujukan untuk dibawa-bawa, tapi untuk dipajang di ruang tamu atau keluarga.  Ia juga didesain untuk selalu berada dalam posisi terbuka. Maklumlah bagian depan casingnya cantik, mengilap dengan lapisan alumunium, membuat pemiliknya terkesan tidak takut menonjol.

Teknologi SonicMaster tidak hanya dibenamkan Asus di notebook seri NX. Tapi juga di notebook seri N. PC AIO (all-in-one) pun kebagian. Di EeeTop PC ET2400 yang berlayar 23,6” dan mendukung Full HD itu, teknologi SonicMaster tertanam.

Apa sih SonicMaster? SonicMaster adalah kombinasi teknologi audio – hardware dan software – yang berfokus pada reproduksi suara yang bak aslinya tanpa mendongkrak frekuensi-frekuensi tertentu. Jadi apa pun yang didengarkan dengan SonicMaster sama persis dengan apa yang direkam, dan bukan hasil rekayasa software.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Asus: Kualitas Suara Notebook tidak Cukup

  • 14/06/2010 at 10:48
    Permalink

    sukses buat asus,tapi gmana klo berat di papas lagi spy bisa di bawa keliling2 klo hanya dipjang drumah gmana? yg pasti jkad ada klelmahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.