Tantang iPad, Eee Pad Dukung Flash

Jonney Shih memamerkan Eee Pad pada kesempatan Computex 2010
Jonney Shih memamerkan Eee Pad pada kesempatan Computex 2010

TAIPEI, SELASA  – Mau iPad tapi mengharapkan dukungan Flash? Silakan tunggu kehadiran Asus Eee Pad EP121.

Apa istimewanya? Ini komputer gaya ‘slate’ alias ‘sabak’.Tentu saja layar sentuh. Layarnya 12”, dimotori oleh prosesor Intel CULV Core 2 Duo dan Windows 7 Home Premium.

Bisa apa? Bisa jadi multimedia player, e-reader, PC kompak dan perangkat Internet. Artinya boleh dipakai ngecek e-mail dan kalender, videoconference, sambil ngetik dokumen di Word atau ngolah spreadsheet Excel. Bareng-bareng, alias multitasking.

Agar mudah dipakai, sebuah virtual keyboard disediakan. “Keyboard itu penting,” kata Jonney Shih (Chairman, Asustek) saat memperkenalkan Eee Pad di hotel Grand Formosa, Taipei, Taiwan. Selain virtual keyboard, juga disediakan docking yang merangkap sebagai keyboard (opsional).

Berbeda dengan iPad, Eee Pad hadir dengan dukungan Flash. Jadi kamu bisa nonton YouTube dengannya, termasuk film HD (high definition). Webcam pun terpasang Tulisan tangan? Juga bisa dikenali di ‘sabak’ modern ini.

Kalau  layar 12” dianggap terlalu besar dan memberatkan untuk dibawa-bawa, tersedia juga Eee Pad T101T. Yang ini layarnya 10”. Tebalnya 1,22cm. Bobotnya hanya 675 gram.

Bisa browsing sambil dengar musik di sini, begitu kata Jonney Shih. T101T yang jalan di Windows Embedded Compact 7 ni ditujukan untuk mahasiswa dan profesional yang mobile.

Toko Aplikasi

Mau beli aplikasi secara online? Nggak cuma Apple atau BlackBerry yang menawarkan. Asus pun begitu.

Asus App Store, begitu namanya. Maka Asus pun menjadi OEM pertama di dunia yang menyediakan sebuah toko yang dimotori oleh Intel AppUp Center. Pengiriman perdananya akan dimulai tahun ini juga.

“Tahap awal dengan Windows, dan di masa depan juga dengan MeeGo kalau produk itu sudah siap,” ungkap Jonney Shih (Chairman, Asustek Computer Inc.).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

2 thoughts on “Tantang iPad, Eee Pad Dukung Flash

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.