Dengan TelePresence, Tim Sepakbola Jerman Berkomunikasi Afrika Selatan-Jerman

Tim_Borowski

JAKARTA, JUMAT  – Tim sepakbola nasinoal Jerman (Deutscher Fußball-Bund) yang sedang berada di Afrika Selatan kini sudah terhubung dengan markas induk semangnya di Jerman. Jadi tim sepakbola ini bisa berkomunikasi dengan manajamennya melalui video dan suara. Kualitasnya tinggi.

Ini dimungkinkan mereka menggunakan TelePresence besutan Cisco dengan dukungan Deutsche Telekom. Di Afrika Selatan, ruang konferensi Cisco TelePresence berada tepat di sebelah markas tim Jerman yang terletak di Velmore Grand Hotel, dekat dengan Pretoria. Sedangkan di Jerman, TelePresence tersedia di berbagai lokasi, seperti di markas DFB di Frankfruit/Main, serta di Berlin, Hamburg, Munich, Stuttgart, Dusseldorf dan Bonn.

Layanan kolaborasi video antara Afrika Selatan dan Jerman merupakan aplikasi pertama dari Deutsche Telekom dan Cisco. Ini merupakan aplikasi internasional pertama dari Deutschland TelePresence yang didukung oleh kabel fiber optik di bawah laut yang terbentang sepanjang 8.000 kilometer.

Deutsche Telekom dan Cisco menyediakan sistem dan layanan TelePresence untuk DFB selama tiga tahun. Selain untuk komunikasi internal federasi, DFB juga menggunakan sistem pertemuan virtual komunikasi dua arah dengan para mitra yang turut bekerjasama. Kerjasama ini sebenarnya tidaklah baru karena sudah dimulai saat CeBIT 2010.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.