Rekor Tambal Lubang Terbanyak Microsoft

Microsoft_BugJAKARTA, JUMAT – Sepuluh buletin keamanan untuk 34 kerentanan keamanan, enam diantaranya dikategorikan Microsoft sebagai kritikal, telah dirilis Microsoft Selasa lalu.  Kali ini jangan mengabaikannya.

Sebab menurut Joshua Talbot, security intelligence manager, Symantec Security Response, ini merupakan rilis Microsoft patch terbesar pada 2010 dan mencatat rekor sebagai kerentanan keamanan yang paling banyak dikeluarkan dalam satu bulan. ”Rekor sebelumnya tercatat pada Oktober tahun lalu. Rilis bulan ini juga menampilkan bulletin tunggal terbesar, di mana 14 kerentanan keamanan di Excel diatasi sekaligus.”

Menurut Talbot, kerentanan keamanan kernel True Type font parsing Windows adalah yang paling serius.  “Dengan mengeksploitasi ini – mungkin melalui serangan drive-by download – penyerang akan memiliki kemampuan untuk masuk ke system. Masih diragukan apakah penyerang akan mengambil alih sebuah situs asli/sah untuk mengeksploitasi kerentanan tersebut, sehingga pengguna harus ekstra hati-hati menghadapi trik rekayasa sosial (social engineering) yang membujuk mereka untuk membuka halaman Web tidak dikenal, yang mungkin berisi font berbahaya,” tulis Talbot dalam rilis pers.

Yang juga perlu diperhatikan adalah dua kerentanan keamanan memory corruption Internet Explorer – CVE-2010-1259 and CVE-2010-1262. “Ada beberapa eksploitasi untuk, paling tidak, satu kerentanan yang sangat mirip dengan pada akhir tahun lalu. Dengan demikian, persoalan yang baru saja diatasi ini akan sulit untuk dieksploitasi. Sepertinya penyerang hanya perlu sedikit memodifikasi eksploitasi yang ada untuk dapat memanfaatkan kerentanan-kerentanan keamanan baru tersebut,” jelas Talbot.

Jadi apa yang  harus kamu lakukan? Ya menambal sistem dong!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

4 thoughts on “Rekor Tambal Lubang Terbanyak Microsoft

  • 16/06/2010 at 19:35
    Permalink

    update mulu………. cape deh..

  • 18/06/2010 at 10:34
    Permalink

    biarin aja gak usah di update….
    biar gak capek

  • 21/06/2010 at 20:27
    Permalink

    @diatas: gpp mah diupdate mulu,, yg penting AMAN dr segala bentuk PENTERANGAN….

    kalo luu ga update,, namanya orang BEGO..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.