Teknik Robot Dukung Planet ‘Kenyal’ Yupi

shark1JAKARTA, JUMAT – Coba tebak di mana cacing warna-warni, ikan hiu dan dinosaurus bisa berada bersama-sama dalam satu lokasi? Jawabannya, di planet Yupi!

Di planet Space Adventure a la Yupi, yang digelar di kawasan perbelanjaan Pacific Place, Jakarta, Yupi telah membangun sebuah planet lengkap dengan goa. Cacing, ikan  hiu dan dino berada di luar goa Yupi tersebut. Badan semua makhluk itu bersalut permen kenyal Yupi warna-warni.

Apa kaitannya dengan teknologi? Ada kok. Sebab karakter Neon Worm yang ada bisa bergerak naik-turun keluar dari sebuah lubang.  Ia juga bisa menoleh (sedikit). Lucu den bikin gemas.

“Neon worms itu bisa gerak-gerak, pakai teknik animatronics yang atur gerakan-suara-dan lagu, juga efek letupan permen,” terang Addyono (Marketing Manager, PT Yupi Indo Jelly Gum). Teknik ini sama dengan yang bisa kamu nikmati di Istana Boneka di ajang Dunia Fantasi.

Animatronics memang biasa dipakai di lokasi-lokasi hiburan (theme parks), juga dalam pembuatan film.  Gerakan objek dikendalikan oleh motor elektrik, silinder bertenaga angin (pneumatik), silinder hidrolis dan kabel.

Sekadar info, pembangunan Yupi Land ini menghabiskan total tiga ton permen kenyal Yupi.  Pembuatannya pun memakan waktu cukup lama. “Yang lama adalah bikin  konstruksinya. Sekitar seminggu untuk nempel-nempel,” ungkap Addyono.

O ya, penggemar Yupi juga bisa memasuki goa Yupi yang pintunya dijaga oleh Dinosaurus berbalut Yupi warna hijau tersebut. Seluruh permukaan bagian dalam gua ditempeli Yupi warna-warni. Aroma permen Yupi pun tercium kuat di sana.  Di sana juga ada boneka yang bergerak. “(bisa) Puas deh pencet Yupi,” janji Addyono.

Nah jika kamu penggemar Yupi atau sekadar ingin lihat teknik animatronics, silakan sambangi Yupi Land yang dibuka sampai 25 Juli mendatang itu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.