Cetak Poster Jumbo Kreasi Sendiri

Sering bertandang ke percetakan untuk mencetak poster? Sebenarnya kamu nggak perlu repot-repot begitu, karena bisa saja kamu membuat poster superjumbo di rumah dengan hanya bermodalkan printer inkjet.

Ya, dengan bantuan aplikasi cetak poster,  kamu dapat membuat gambar berukuran besar secara praktis. Metode yang ditawarkan biasanya adalah dengan memotong-motong gambar besar menjadi seukuran kertas yang dipakai mencetak. Kemudian, potongan-potongan tersebut dicetak satu per satu. Setelah selesai, mereka dilem bersambungan hingga membentuk gambar utuh yang besar.

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan buat mencetak poster adalah Posteriza. Program ini bisa diunduh secara gratis dari www.e-presencia.com atau www.posteriza.com. Tapi, harap diingat, sebelum mulai mencetak, gambar poster mesti disimpan dulu dalam format JPG, GIF, atau WMF.

Sudah siap bikin poster? Ikuti langkah-langkah berikut.

Instal dan buka program Posteriza. Di awal pengaktifan, jendela aplikasi akan memunculkan poster yang sudah dibuat oleh program. Posteriza bisa menerima banyak macam format, mulai dari JPG, BMP, GIF, PNG, hingga format vektor WMF.

Tut-Posteriza1

Klik tab [1. Text] dan hilangkan centang pada opsi [With Text] karena teks sudah tersedia di rancangan poster kamu. Klik tab [2. Photo], lalu klik tombol [Open Image]. Cari dan pilih gambar atau foto poster yang ingin kamu buat.

Tut-Posteriza2
Selanjutnya, klik [Open Image]. Gambar poster akan ditampilkan di ketiga jendela. Pada jendela kedua di sisi kanan atas, akan ditampilkan potongan-potongan poster yang siap dicetak.

Tut-Posteriza3
Jika ingin poster tersebut memiliki bingkai, klik tab [3. Border]. Atur ketebalan dan posisi border di tab tersebut. Namun jika tidak menginginkannya, hilangkan centang pada [With border]. Klik [Apply].

Tut-Posteriza4

Pada tab menu keempat, [4.Size],  kamu akan menemukan opsi pengaturan ukuran cetak poster. Kamu dapat memilih ukuran kertas yang dipakai, jumlah potongan, dan lainnya. Jika tak mau repot mengesetnya, klik tombol [Auto].

Tut-Posteriza5

Klik tombol [Config Printer] dan tentukan printer yang kamu pakai. Selanjutnya, untuk menerapkan semua setelan yang telah diatur tadi, klik tombol [Apply]. Mulailah mencetak dengan mengklik tombol [Print].

Tut-Posteriza6

Pilih printer, dan, jika perlu, atur settingan printer dengan mengklik tombol [Properties]. Jika sudah, klik [Print]. Tunggui proses pencetakan hingga tuntas. Setelah semua kelar dicetak, sambung satu persatu hingga membentuk gambar yang sudah dirancang.

Tut-Posteriza7

Mencetak dengan Driver Printer

Jika  kamu menggunakan printer yang sudah mendukung modus pencetakan “Poster Printing”, kamu tak lagi memerlukan aplikasi seperti Posteriza. Namun, konsep pencetakan posternya serupa.

Prosesnya cukup mudah dilakukan. Di sini PCplus akan memandu  mencetak poster dengan printer rumahan. Sebagai informasi, printer yang PCplus gunakan adalah merek Canon, yang kebetulan telah menyediakan modus cetak tersebut.

Tanpa ba bi bu lagi, mari kita mulai saja.

1. Buka File
Buka poster yang hendak dicetak dengan aplikasi apa saja. Untuk mencetaknya, klik [File] > [Print…]. Pada boks dialog Print yang muncul, pilih printer yang digunakan di menu “Name:”.

2. Pilih Mode Printing
Selanjutnya, klik tombol [Properties]. Boks Properties printer akan muncul. Pada printer Canon, pengesetan poster printing ada di tab [Page Setup].

3. Tentukan Ukuran Kertas
Pilih ukuran kertas yang akan digunakan pada menu “Page Size:”. Pada menu drop-down “Page Layout”, cari dan pilih modus cetak [Poster Printing].

4. Sesuaikan Potongan Cetak
Klik tombol [Specify…]. Di boks dialog yang tampil,  kamu bisa menentukan jumlah potongan yang diinginkan. Selanjutnya, klik [OK]. Sebenarnya menu ini tak perlu dikelola juga tak apa karena aplikasi akan otomatis memotongnya sesuai ukuran kertas yang digunakan.

5. Pilih Jenis Kertas
Kembali klik tab [Main] dan tentukan jenis kertas yang akan dipakai dari menu “Media Type”. Tentukan pula kualitas cetaknya di “Print Quality”. Akhiri dengan mengklik [OK].

Layar akan kembali ke boks Print. Untuk melihat calon hasil cetak, klik saja tombol [Print Preview]. Boks berikutnya akan menampilkan setiap potongan cetakan. Tutup boks tersebut untuk memulai pencetakan.

Mulailah proses pencetakan dengan mengklik [Print]. Tunggui hingga tuntas. Selanjutnya, setelah semua kelar dicetak, sambung satu persatu membentuk gambar yang sudah dirancang. Pakai panduan gambar di PC untuk menyusunnya.

Sambung satu per satu potongan tersebut memakai lem atau isolasi dua sisi.

Software Alternatif

Mr. Poster (www.2gtech.com)
Ace Poster (www.intemove.com)
Poster (www.postersw.com)
Poster-Printery 4.5 (www.cadkas.de)
ProPoster 2.02.03 (www.ronyasoft.com)
PrintGhost 1.1 (www.usefulsoft.com)

Disarikan dari PCplus Edisi 346
Oleh Yuliandi Kusuma

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

14 thoughts on “Cetak Poster Jumbo Kreasi Sendiri

  • 19/08/2010 at 18:22
    Permalink

    wah.. ilmu baru nih….. kalo pake corel gimana caranya ??

  • 16/09/2010 at 14:13
    Permalink

    ealah, ternyata ini to caranya. dari dulu nyari nyari kok ga ketmu trik ini.
    makasih tabloidpcplus.

  • 12/12/2010 at 15:34
    Permalink

    makasih gan dari dulu uda pgen buat tp ga tau caranya,,….. ternyata mudah

  • 29/12/2010 at 02:11
    Permalink

    ini yang aku cari dan sangat berguna gan… makasih banget ya…

  • 21/02/2011 at 09:36
    Permalink

    baik,terima kasih pasti berguna untuk kita semua…thank PCplus

  • 28/02/2011 at 07:45
    Permalink

    wah tutorial bagus banget..pc-plus banyakin dunk tutorial kayak gini..
    kalo bisa minta di ulas tutorial cara buat media informasi di Layar LCD, seperti di Bank-Bank gittu…trims pc-plus

  • 03/04/2011 at 16:56
    Permalink

    Pakai Corel Draw juga bisa. Caranya:
    1. Atur dulu “print setup”-nya, ada di menu “File”. Berguna untuk mengatur kertas yang akan digunakan untuk nge-print. Saran: kurangi 0,5 cm dari size asli kertas, baik “height” dan “width” agar ada ruang yang cukup untuk menyambungkan kertas nanti.
    2. Pilih “print preview”
    3. Klik icon “print tiled pages” yang ada di sebelah kiri fitur “unit” (itu lho yang dipakai untuk mengubah unit panjang dari cm ke inchi atau ke yang lain).
    4. Akan terlihat gambar dipecah menjadi beberapa kertas dan akhirnya selesaikan dengan mengklik fitur “print” pada menu “File”.

    🙂

  • 16/05/2011 at 16:16
    Permalink

    Tolong dong gan,atau teman2 yang tau,printer yang bisa buat cetak ukuran sampai A3,merk nya apa sich…

  • Pingback: Cetak Poster Jumbo Kreasi Sendiri | Purwodadi-Grobogan.tk

  • 29/04/2012 at 08:19
    Permalink

    SANGAT BAGUS..SANGAT MEMBANTU..SANGAT MUDAH
    TERIMA KASIH BANYAK MAS.

  • 01/05/2012 at 08:10
    Permalink

    Sama-sama mas Pri. Terima kasih juga sudah mampir 🙂

  • 22/05/2012 at 15:39
    Permalink

    Terima kasih ilmunya, sangat bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.