Eh Apa itu BlackBerry 6?

blackberry6JAKARTA, KAMIS – Sebuah handset baru, BlackBerry Torch 9800, dihadirkan oleh RIM. Bersama itu hadir pula sebuah sistem operasi baru yang diharapkan bisa membuat pengguna BlackBerry tidak berpaling ke Android. BlackBerry 6 namanya.

Nama OS yang biasa mengembel-embeli nama BlackBerry sudah ditanggalkan oleh RIM. BlackBerry 6 akan dihadirkan di BlackBerry Bold 9700, BlackBerry Bold 9650, dan BlackBerry Pearl 3G, maupun handset BlackBerry berikutnya. Sayangnya tidak pada Storm dan Storm 2.

Fitur paling menarik di BlackBerry 6 adalah system-wide multitouch.Ia mendukung perintah-perintah layar sentuh (tidak perlu terus-terusan menekan tombol Menu). Untuk mengirime-mail, kamu cukup mengklik dan menahan e-mail lalu memilih Send dari kotak pop-up, tidak perlu menekan Menu dan mengirim dari sana. Setiap aplikasi punya Action Menu sehingga kamu bisa melakukan apa pun yang kamu pilih dengan menekan touchpad atau mengklik dan menahan trackpad.

O ya, sekarang kamu sudah bisa melihat seluruh kepustakaan musik iTunes atau WMP dari telepon, membuat dan menyunting playlist, dan mengunduh lagu-lagu. Syaratnya, telepon kamu harus ada di jaringan Wi-Fi yang sama dengan komputermu.

Yang juga dibanggakan RIM di BlackBerry 6 adalah kecepatan WebKit browser-nya. Seberapa cepat? Cukup cepat untuk menaklukan iOS4 dan Android 2.1 dalam serangkaian tes, kendati belum mengalahkan Froyo (Android 2.2). Eh, HTML5 juga didukung loh.

Tambahan baru lainnya adalah Social Feed, yang menyatukan Facebook, Twitter dan BBM dalam satu feed dan memungkinkan kamu mengirimkan postingmu sekaligus sebanyak-banyaknya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.