Saturday, April 20, 2024
Berita Teknologi

Jual Data Rahasia, Manajer Apple Ditangkap

appleJAKARTA, SENIN – Seorang manajer pasokan global Apple bernama Paul Shin Devine  telah ditangkap polisi AS. Ia dituduh menjual informasi rahasia Apple dengan harga 1 miliar dolar AS kepada para pemasok Asia.

Rekannya dari Singapura, Andrew Ang, juga disebut-sebut terlibat dalam perkara suap, pencucian uang dan penipuan kiriman uang ini. Namun perusahaan penadah informasi rahasia itu tidak disebutkan namanya.

Dalam tuduhan tersebut, Devine didakwa memanfaatkan jabatannya di Apple untuk mendapatkan informasi rahasia, yang kemudian dikirimkannya ke para pemasok Apple, termasuk Ang. Sebagai imbalan, para pemasok dan manufaktur tersebut membayar sejumlah besar uang kepada Devine. Sebagian uang itu diberikan Devine kepada Ang. Dalam tuduhan disebutkan, informasi rahasia tersebut menyebabkan  para pemasok menegosiasikan kontrak yang lebih baik dengan pihak Apple.

FBI dan  IRS menemukan bahwa Devine punya beberapa rekening bank di beberapa negara Asia. Dia juga punya rekening dengan nama istrinya. Selain itu juga ada satu perusahaan yang digunakannya untuk menerima uang. Pihak Apple telah mengajukan tuntutan hukum terhadap Devine.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu