Camcorder Profesional dengan Kartu CF

canon xf305JAKARTA, SENIN – Camcorder konsumer yang bisa merekam dengan kualitas HD adalah hal biasa. Juga tidak aneh kalau camcorder itu menyimpan hasil rekamannya ke kartu memori, entah itu memori internal atau kartu SD (Secure Digital).

Camcorder profesional tidak begitu.  Maksudnya hasil rekam umumnya tidak disimpan ke kartu memori tapi ke kaset. Tidak begitu dengan dua camcorder terbaru Canon. Seri XF 305 dan XF 300 tersebut tidak hanya dibekali kompatibilitas kontrol non-linear editing (NLE) dan fitur MPEG-2 (4:2:2) 50Mbps HD Codec, tetapi juga bisa merekam langsung ke kartu memori.  Jenis kartu memorinya bukan SD seperti di camcorder konsumer, tapi CF, alias CompactFlash.

XF 300 dan XF 305  punya dua slot kartu swappable dan UDMA CF Card. Jadi transfer file mudah dilakukan. Apalagi untuk Canon XF Codec, Canon telah menjalin  kerjasama dengan Adobe, Apple, Avid dan Grass Valley. Untuk mendukung pembuatan video multi-kamera dan film 3D, XF 305 dilengkapi dengan terminal output genlock, time code dan terminal HD/SD-SDI.

Hasil rekamannya disebutkan tajam, detail, dengan resolusi 1920×1080 dan warna  yang bergradasi alamiah. Ini berkat penggunaan tiga sensor CMOS native Canon dan lensa HD Video Lens 19x L-series yang punya zoom 35mm (setara 29,3-527,4 mm) dan terintegrasi dengan Optical Image Stabilizer (dynamic dan powered mode) dan prosesor Digic III DV. Fokus manual juga bisa dilakukan dengan cepat. Fitur Face Detection yang akan mengunci fokus di wajah tertentu pun tersedia.

Untuk format rekam, kedua camcorder yang memiliki LCD 4” 1,23 megapiksel yang bebas diputar ini menggunakan format terbuka MXF (material exchange format).  Video, audio dan metadata akan disatukan dalam satu file.

“Mengandalkan sekian banyak fitur mutakhir, Canon XF 300 dan 305 sengaja dirancang untuk videografer profesional yang tidak hanya mengharapkan kualitas terbaik dalam menghasilkan video High Definition tapi juga kenyamanan saat pengoperasian dan proses editing sesudahnya,” kata Merry Harun (Direktur Canon Division, PT Datascrip) dalam rilis persnya.

Mau tahu harga camcorder profesional ini? Canon XF 300 dihargai Rp 79,65 juta, sedangkan Canon XF 305 Rp 90,81 juta.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Camcorder Profesional dengan Kartu CF

  • 18/08/2010 at 00:13
    Permalink

    Melihat Harganya, jadi pingin tau seperti apa hasil kerjanya, sebelum jual kijang tuk beli camcoder tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.