Thursday, June 20, 2024
Berita Teknologi

Manfaatkan FB, Polisi India Tangkap Pengemudi Bandel

delhi_trafficDELHI, RABU – Ini dia contoh nyata penggunaan Facebook di kalangan polisi. Polisi punya akun Facebook? Ya! Dan ini terjadi di India, tepatnya di Delhi. Di kota yang berpenduduk 12 juta tersebut, hanya ada 5000 polisi lalu lintas.

Sejak dua bulan lalu, polisi lalu lintas Delhi (DTP) membuka akun Facebook, awalnya sebagai layanan humas agar penduduk Delhi bisa memberikan saran terhadap perubahan sistem peraturan lalu lintas. Namun sejak saat itu, situs tersebut menjadi tempat berbagai poster “wanted” dipajang. Ribuan penduduk bahkan memasang foto-foto dari para pelanggar hukum.

Saat ini, situs FB DTP beranggotakan 18.000 teman, dan banyak di antara mereka telah mengirimkan ribuan foto dan video. Foto dan video tersebut pun banyak yang dipakai polisi sebagai barang bukti saat memberikan 665 surat tilang.

“Polisi lalu lintas tidak bisa ada di mana-mana, tetapi hukum  selalu dilanggar,” kata Satyendra Garg, komisioner gabungan lalu lintas kota, kepada New York Times. “Jika orang mau melaporkannya, kami menerimanya. Sebuah pelanggaran adalah pelanggaran.”

Saat ini situs tersebut berisi posting-posting tentang apa saja, mulai dari perbaikan jalan dan beca motor yang berjalan lamban sampai “ulah murahan” dan para pengemudi yang mengenakan kacamata hitam. DTP berjanji merespon siapa saja.

Namun ternyata, polisi juga kena batunya. Sebuah foto di situs tersebut memperlihatkan seorang petugas polisi berkendara dengan motornya tanpa mengenakan helm.

“Terima kasih, tindakan akan diambil,” respon DTP. “30 petugas polisi sudah diproses berdasarkan unggahan gambar di FB.”

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu