Pasang Flash Disk, Hard Disk Sesak Mendadak

hddJAKARTA, SENIN – Kalau kamu pengguna USB flash disk, berhati-hatilah menggunakannya. Jangan sebarang menancapkannya di komputer. Bisa-bisa kamu menyebarkan penyakit/worm Win32/Stuxnet!

Win32/Stuxnet  sedang ramai dibicarakan di dunia virus. Sensasinya serupa YouTube Sinta-Jojo. Maklumlah, worm ini mampu menyaru sebagai program resmi yang punya sertifikat keamanan (curian) dari vendor terkenal, Realtek Semiconductor. Apa gejala infeksinya? Hard disk terasa sesak tanpa sebab!

Worm ini unik karena metoda penyebarannya baru. Ia akan memanfaatkan file-file shortcut yang dibuat khusus (dikenal sebagai file .lnk) di USB flash disk. Begitu file .lnk dibaca oleh sistem operasi, termasuk saat kamu melihat isi flash disk via Windows Explorer, malware otomatis dijalankan.  Sebarang flash drive yang ditancapkan pun akan terinfeksi. Win32/Stuxnet memang secara sistematis memanfaatkan celah keamanan pada sistem operasi Microsoft.

Di Indonesia Win32/Stuxnet langsung menyodok ke peringkat 8 dan 10 dalam data sebaran 10 jenis malware di bulan Juli yang didapat dari ThreatSense ESET, alias dalam waktu sekitar dua minggu saja. Dan terus melaju ke posisi 3, 5 dan 10 posisi 10 besar, mencoba menggeser posisi Conficker dan varian dari VB/Autorun.

Win32/Stuxnet oleh ThreatSense Technology ESET dikenali sebagai malware baru bernama LNK/AutoStart.A. trojan. Atau dengan nama LNK/Exploit.CVE-2010-2568. Selain itu hadir pula W32/Stuxnet yang menargetkan pada sistem Industrial Control System (SCADA).

Nah kalau kamu menggunakan sistem operasi Microsoft, jangan alpa melakukan patch 2286198. Usahakan untuk mengaktifkan Automatic Update agar bisa menerima update otomatis. “Untuk perusahaan, saya sarankan menggunakan WSUS agar update selanjutnya bisa tersentral,” kata Yudhi Kukuh dari ESET Indonesia.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

8 thoughts on “Pasang Flash Disk, Hard Disk Sesak Mendadak

  • 09/08/2010 at 16:41
    Permalink

    Keren nih Virus, Hebat and Hebring yang bikin! nanti mungkin bakalan ada virus yang nge-ledakin komputer kali ya! semoga tidak!

    khayalan kadang (malah sering-nya) menjadi kenyataan.
    vestorra blog

  • 09/08/2010 at 17:09
    Permalink

    Ow pantesan begitu bnyk shortcut di fd saya..Mesti waspada nih, thanks infonya

  • 09/08/2010 at 20:31
    Permalink

    untuk anti virus selain ESET, bagaimana??

  • 10/08/2010 at 08:17
    Permalink

    Hal ini terjadi biasanya setelah USB Flash kita menggunakan komputer dari WARNET. Oleh sebab itu, cara untuk mengatasinya membawa dua USB Flash, yaitu satu buah untuk data dari Warnet dan satunya lagi USB untuk Data pribadi. So, don’t worry, pasti data dan hardisk kita di rumah jadi aman.

  • 10/08/2010 at 19:30
    Permalink

    ESET tob, gak salah saya pilih ! thx infonya

  • 11/08/2010 at 16:31
    Permalink

    misi mas..
    ikutan nimbrung ya..
    kmrn jg kompi gw kna virus dr kompi tetangga..
    semua folder dihidden dan di ganti dgn shortcut..
    stlh discan dgn avira,smadav,sampai esset, toh gak bisa jd solusi..
    klo dilihat dari task manager, ada file yg running tp gak wajar (bgi niubie kyk saya)..yaitu file, “wgxcom.exe” (kalo gak salah)..nah, apa itu file bener ada running di windows atau itu virus..??
    trus antivirus apa yang bisa membasmi virus itu..
    berharap dibalas ke email..beserta link download antivirus nya..

    thx a lot

    =Benk=

  • Pingback: Berhati-hatilah Menggunakan Flashdisk « Shakira Computer

  • 26/08/2010 at 12:53
    Permalink

    aman lah para linuxer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.