IM-Worm, Cacing-cacing yang Mengintai Saat Kamu Chatting

1-zombie-pcBuat kamu yang suka menggunakan layanan perpesanan instan sebaiknya lebih berhati-hati. Pasalnya belakangan ditemukan worm yang telah menginfeksi layanan buat ber-chit-chat ini. Kaspersky, perusahaan layanan keamanan asal Rusia, mengindikasikan bahwa worm ini mampu berkeliaran di berbagai layanan instant messaging, seperti Yahoo! Messenger, Skype, Paltalk Messenger, ICQ, Windows Live Messenger, Google Talk dan XFire client untuk gamers. Terdapat empat varian dari IM-Worm.Win32.Zeroll.

Tak tanggung-tanggung, worm yang bernama IM-Worm.Win32.Zeroll ini telah menginfeksi banyak komputer di Mexico, Brazil, Peru, dan Amerika Serikat. Kabarnya, ia bahkan fasih menggunakan 13 bahasa demi merayu korban untuk mengklik tautan yang ia berikan.

Tautan yang ditawarkan oleh worm ini biasanya berupa gambar menarik. Sayangnya, tidak dijelaskan gambar menarik macam apa yang ditawarkan dalam 13 bahasa ini. Meski demikian, kamu mesti waspada. Jangan sekali-kali kamu mengklik tautan itu. Soalnya tautan itu akan membuka pintu bagi IMworm ini akan mengarahkan kamu ke sebuah file berbahaya yang bakal menginstal backdoor di komputer kamu.

Komputer yang telah terinstal backdoor akan menjadi komputer zombie yang ada di bawah kuasa worm. Worm juga langsung terhubung dengan pengontrol pusat, yang bisa memberikan perintah jarak jauh terhadap komputer-komputer zombie sesuai yang diinginkan induk semang. Usai menguasai komputer kamu, ia akan menduplikasikan diri ke komputer lainnya dengan meracuni computer teman-teman kamu. Caranya adalah dengan memberikan tautan serupa kepada mereka dengan memanfaatkan daftar kontak teman chat di IM kamu. Semua ini terjadi tanpa sepengetahuan kamu sebagai pengguna.

Instruksi dari induk semang diterima melalui IRC. Menariknya, jenis worm IM baru ini ternyata terhubung dengan saluran IRC yang berbeda, tergantung negara dan instant messaging yang ada di komputer. Dengan demikian, hacker sebagai pengendali jaringan para zombie, dapat mengklasifikasikan worm tersebut berdasarkan Negara tertentu. Hacker juga bisa mengirimkan perintah berbeda yang berguna dalam mendistribusikan spam.

“Tampaknya pembuat worm ini masih menjalankan tahap awal dari kegiatan jahat mereka,” ujar Dmitry Bestuzhev, Kaspersky Lab’s Regional Expert for Latin America. “Mereka menginfeksi sebanyak mungkin mesin yang berguna bagi mereka untuk mendapatkan penawaran yang bagus dari penjahat lainnya, seperti membayar per install, spam dan sebagainya.” Infeksi ini juga teridentifikasi di Afrika, India, dan negara-negara Eropa terutama Spanyol.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

3 thoughts on “IM-Worm, Cacing-cacing yang Mengintai Saat Kamu Chatting

  • 3 September 2010 at 11:11 AM
    Permalink

    mantappp….

  • 8 September 2010 at 8:52 AM
    Permalink

    Dalam minggu ini Sudah banyak PC./laptop Rekan- rekan saya yang terinfeksi, hati-hati penggunaan media seperti Plasdisk ,bila sudah terinfeksi data akan menjadi ganda tidak bisa di buka dan akan sulit untuk di delete, apa gejala virus tersebut seperti itu ya ??????……… .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: