Marvell Ungkapkan CPU Mobile Tiga-Inti

marvell--triple-coreJAKARTA, JUMAT – Di saat dunia mobile sibuk berkutat dengan prosesor satu inti dan dua inti, vendor komponen Marvell menghadirkan kejutan: prosesor tiga-inti. Chip prosesor tiga-inti yang rendah konsumsi daya itu khusus dirancang untuk perangkat mobile.

SoC Armada 628 mengandung tiga prosesor ARM, dan menurut Marvell merupakan chip multi-core pertama yang dirancang untuk menjalankan aplikasi-aplikasi mobile. Dua inti ARM itu bekerja pada 1,5GHz, sedangkan inti yang ketiga berjalan pada 624MHz dalam melakukan peran manajemen dayanya. Chip Armada 628 juga dilengkapi cache L2 1MB dan dukungan USB 3.0.

Menurut Marvell, ini membuat konsumsi daya lebih rendah, sekaligus membuat Armada 628 bekerja lebih efisien. Kemampuan pemrosesan 3GHz, klaim Marvel, berarti Armada 628 mampu menangani HD playback dan encoding, serta bisa menangani kinerja game 3D dengan enam engines memompa kerja grafis.

Marvell berharap Armada 628 tiga-intinya akan digunakan di ponsel pintar seperti BlackBerry milik RIM dan tablet.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.