Mac Punya App Store Sendiri

Ngga cuma Iphone dan iPad yang punya toko aplikasi. Sekarang Apple pun membuatkan toko aplikasi untuk Mac. Mac App Store ini menyediakan kemudahan untuk mengunduh aplikasi Mac, instalasi otomatis, update otomatis, pembagian 70/30 bagi pengembang, dan semua apliais yangdibeli di toko iniĀ  telah etrlisensi untuk digunakan di seluruh produk Mac.

Mac App Store sebenarnya telah lama diusulkan oleh pers dan pembaca, seperti ditulis TUAW. Akan sangat menarik melihat bagaimana reaksi dari para developer Mac dan mengamati bagaimana toko ini akan berkembang. Apalagi jika pengembang raksasa seperti Microsoft dan Adob turut bergabung, Mac App Store akan jadi aplikasi mandiri untuk Snow Leopard dan Lion. Lion adalah Mac OS generasi selanjutnya yang kabarnya akan segera dirilis.

Apple juga rencananya tidak akan menunggu rilis Lion untuk meresmikan Mac App Store ini, tulis AppleInsiders. Lion rencanananya akan dirlis dalam tiga bulan mendatang.
Aplikasi yang dijual lewat Mac App Store ini di host secara jarak jauh oleh Apple. Namun, begitu aplikasi terinstal, software itu akan berjalan secara lokal, seperti layaknya software biasa. Namun, Jobs sepertinya belajar dari kritik yang dilontarkan pada toko apikasi untuk iOS yang disebut sebagai “walled garden”. Pada toko aplikasi untuk Mac ini, pengguna tidak akan terikat ke App Store untuk memperoleh software baru. Hal ini berlaku bagi pengguna Lion dan Snow Leopard. Dengan demikian, Mac App Store member kebebasan pilihan distribusi bagi pengembang dan pengguna.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.