CFast, Kartu CF yang Bisa Dipakai Booting

JAKARTA, RABU – Kalau kartu memori SD punya versi berkapasitas besar yang dijuluki SDHC dan SDXC, kartu CompactFlash (CF) pun tak mau kalah. Versi berkapasitas leganya disebut CFast.

CFast adalah spesifikasi baru yang dikembangkan oleh CompactFlash Association (CFA) untuk solusi penyimpanan mobile di lingkungan industri. Fisik CFast sama dengan CF yang ada saat ini, yakni 4,28×3,64×0,33 cm. Namun interfacenya beda, bukan ATA/IDE.  CFast menggunakan interface SATA. Karena itulah kecepatan transfernya bisa mencapai 108MB/s.

Selain itu, karena dirancang untuk bekerja bak SSD (solid state disk), CFast dapat dipakai sebagai bootable drive. Kekuatiran akan pendeknya umur pakai dari sel-sel memori flash, keandalan data dan adanya kesalahan data ditepis dengan penerapan teknologi built-in StaticDataRefresh dan EarlyRetirement.

Tertarik? Transcend adalah salah satu produsennya. CFast Transcend hadir dalam kapasitas 2, 4, 8, dan 16 GB. Belum diketahui berapa harganya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “CFast, Kartu CF yang Bisa Dipakai Booting

  • 14/11/2010 at 13:17
    Permalink

    Wah .. info menarik,
    Btw untuk belinya dimana ya ( ada ngga link untuk online storenya ? )

    Terimakasik sudah mau berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.