Bus Listrik Komersial Pertama Beroperasi

JAKARTA, KAMIS – Di Indonesia, mobil listrik baru sebatas wacana. Tapi di Seoul, Korea Selatan, bus umum mulaimenggunakannya sejak 21 Desember lalu.  Bus yang dioperasikan oleh Seoul Metropolitan Government (SMG) itu diklaim sebagai bus komersial listrik pertama di dunia.

Lima bus listrik dengan badan sepanjang 11,05 meter di Korea itu akan melayani trayek pulang-pergi dengan tujuan gunung Namsan. Ia bisa berjalan sejauh 83km sebelum kemasan baterai Li-Ion-nya harus diisi ulang.  Pengisian daya itu tidak butuh waktu lama, kurang dari 30 menit.  O ya, kecepatan bus maksimal adalah 100 km/jam. Agar tidak boros energi, bus telah dilengkapi sistem regeneratif yang memanfaatkan kembali energi dari rem saat bus meluncur di jalan yang

Badan bus yang berbentuk mirip kacang itu terbuat dari bahan komposit karbon, bukan lempengan besi. Ini menyebabkan bobotnya lebih ringan tanpa mengurangi daya tahannya. Bus juga dilengkapi dengan papan miring otomatis untuk memfasilitas pengguna kursi roda.

SMG berencana mengganti ke 14 bus rute pegunungan Namsan dengan bus listrik.  Juga berniat membangun dua pengisi baterai lagi di Namsan pada Maret 2011, sehingga jumlahnya menjadi empat.

Operator ini mentargetkan penggunaan 120 ribu kendaraan listrik di kota Seoul pada tahun 2020, atau 50% dari kendaraan transportasi umum, 10% sedan dan 1% truk dan van sebagai bagian dari langkah “Green-Car, Smart City” kota Seoul.

Sebelumnya, bus-bus listrik serupa pernah dijalankan di Shanghai, Cina saat Expo 2010. Cuma saat itu pengoperasiannya masih tahap percobaan, dan gratis.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: