Dirancang Apple, Dilabeli Lenovo

LAS VEGAS, RABU – Produsen laptop Cina, Lenovo, berencana mengungkap deretan laptop baru pada ajang CES (Consumer Electronics Show) di Las Vegas, AS pekan ini. Namun di antara produknya itu, jelaslah LePad dan IdeaPad UI-nya akan menjadi primadona.

Apa tuh LePad? Ini adalah tablet PC, tantangan Lenovo pada iPad punya Apple. Berita kehadiran LePad ini sudah beredar luas. Ditilik sekilas, fisiknya nyaris identik dengan iPad, termasuk pada adanya hanya satu tombol di bagian depan.

Di balik layar 10,1” dengan resolusi 1280×800, LePad ini dimotori oleh chip Snapdragon dari Qualcomm. Sekeping RAM 1GB dengan memori flash 16GB atau 32GB dan fitur koneksi nirkabel dan 3G sudah tersedia pada unit berbobot 760 gram tersebut. Tablet ini dijalankan di atas Android 2.2 dan diklaim tahan beroperasi selama 8 jam.

Kendati secara tampang mirip iPad, LePad tentu berbeda. Ia bisa di-docking ke laptop IdeaPad UI. Inilah solusi bagi mereka yang mau menyulap LePad dari sebuah tablet menjadi laptop sesungguhnya, lengkap dengan keyboard Qwerty. Sebuah switch di perangkat akan mengubah tablet Android itu menjadi laptop Windows 7, yang ditenagai oleh prosesor Intel CULV lengkap[ dengan RAM 2GB dan hard disk 320GB. Namun bobotnya pun meningkat menjadi 1,8kg.

LePad dilabeli harga US$ 520, dengan opsi untuk membeli bundel LePad dan IdeaPad UI seharga US$ 1300. Cina akan menjadi pasar pertama bagi duet LePad IdeaPad U1. Belum diungkap apakah konsumen di benua lain – Eropa dan Amerika – juga akan bisa memperoleh produk ini.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

3 thoughts on “Dirancang Apple, Dilabeli Lenovo

  • 05/01/2011 at 13:38
    Permalink

    beli Ipad 1 + Netbook 1 mgkn gak nyampe $ 1,300. bisa dipake sekaligus keduanya.

  • 05/01/2011 at 19:43
    Permalink

    Saya masih bertahan dengan netbook dulu, nunggu Tablet PC bisa buat nelpon selain ZTE …

  • 07/01/2011 at 19:05
    Permalink

    paling enak ya samsung galaxy tab no

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.