Google Mungkinkan Cetak dari Awan

JAKARTA, RABU – Simpan file, ambil file sudah bisa dilakukan di awan. Tapi cetak? Bisa, kalau kamu punya printer khusus dari HP yang terhubung ke Internet.

Kalau nggak punya, bagaimana? Tak perlu kuatir. Google telah meluncurkan Google Cloud Print Beta untuk mencetak dokumen dan Gmail dari mana saja. Layanan ini memungkinkan kamu mencetak dari sebarang aplikasi pada sebarang perangkat, OS atau web browser tanpa perlu menginstal driver software apa pun.

Ini berarti kamu bisa mencetak e-mail, dokumen dan lampiran e-mail seperti file-file Microsoft Office atau Adobe PDF di mana saja dari sebarang perangkat yang kamu gunakan. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka dokumen di Google Docs atau e-mail di Gmail dari web browser di PC, netbook atau ponsel pintarmu dan memilih “Print” dari menu drop-down di ujung kanan atas.  Kamu juga boleh menggunakan sebarang ponsel pintar yang mendukung HTML5, termasuk yang menjalankan Android 2.1+ dan IOS 3+.

Satu-satunya syarat yang harus dipenuhi, kamu harus mengoneksikan printer ke Google Cloud Print yang berarti printer tersebut haruslah printer jaringan atau dikoneksikan ke PC Windows.

Kabar baik ini datang menyusul pengumuman Google bulan lalu bahwa Cloud Print akan didukung dalam program pilot notebook Chrome.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: