Touchscreen Makin Populer, Asahi Glass Luncurkan Kaca Lapis yang Tahan Pecah

Produk smartphone touchscreen dan tablet semakin populer. Satu komponen yang tak bisa dipinggirkan adalah ketersediaan layar kaca untuk pelapis monitor gadget tersebut. Salah satu pemanufaktur pelapis kaca asal Jepang, Asahi Glass, awal minggu ini meluncurkan layar untuk smartphone dan tablet PC yang digadang-gadang lebih kuat dari pelapis konvensional.

Produk yang dinamai Dragontrail glass ini disebutkan enam kali lebih kuat dari kaca yang digunakan untuk botol minuman soda. Dalam demo yang mereka lakukan dihadapan pers, kaca tersebut tahan ketika digoresmenggunakan kunci berkali-kali. Tidak pecah ketika dijatuhkan. Bahkan, dalam uji lab kaca ini tahan terhadap tekanan hingga 60 kg. Melengkung tapi tak pecah. Begitupula ketika diuji dengan mengayun palu di atas gelas kaca ini, tak tampak retak sedikitpun.

(Kamu bisa saksikan videonya disini.)

Dengan kaca gelas yang lebih tahan tekanan ini, para pembuat perangkat bergerak seperi ponsel dan tablet bisa terus berinovasi menciptakan gadget yang makin tipis dan ringan, seperti dikutip dari PC World.

Si Naga bakal bersaingketat dengan (kaca pelapis) Gorilla buatan Corning.  Corning merupakan pemaufaktur pelapis kaca serupa dan telah dipakai luas oleh berbagai vendor perangkat bergerak. Kaca ini telah digunakan lebih dari 225 perangkat bergerak seperti ponsel, laptop, dan tablet PC. Gorilla juga jadi pilihan Sony untuk melapisi bagian layar LCD flat-panel miliknya.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.