Friday, June 21, 2024
Berita Teknologi

Firstmedia Sediakan Layanan TV-HD di Hotel Sultan

First Media bekerjasama dengan Hotel Sultan menyediakan layanan televisi  berkualitas high-definition. Hotel Sultan jadi hotel pertama yang mengimplementasi layanan ini di Indonesia. Disediakan pula layanan video-on-demand (VOD), dan layanan internet dengan koneksi gegas.

Dengan layanan HD-TV ini, pengguna bisa mendapatkan gambar bergerak dengan kualitas dan kedalaman yang lebih baik. Selain, lebih mudah dicerna oleh mata kita, “mata kita jadi tidak cepat lelah saat menonton”, jelas Moechtar, Direktur First Media.

Tanggapan untuk layanan HD-TV ini memang masih belum terlalu panas. “Banyak yang masih pikir-pikir dulu,” tambahnya. Sementara untuk permintaan layanan HD-TV rumahan, pun kurang dari 2% dari total pelanggan televisi digital first media yang mencapai 300.000 pelanggan.

“Kami sangat menghargai insiatif yang dibuat oleh Hotel Sultan untuk menjadi yang pertama dalam mengimptementasikan layanan HD ini,” ujar  Dicky. Untuk memuluskan implementasi TV-HD ini, digunakan sambungan fiber optik. “Minimal dibutuhkan sambungan dengan kecepatan 2Mbps,” ujar Dicky. Sementara, fiber optik yang disediakan Firstmedia sendiri bisa melayani hingga 10 Mbps.

Layanan HD yang beresolusi 1080p ini, menurut Heinz Diehl akan menjadi tawaran lebih bagi pelanggan hotel dan residence-nya. Begitupula dengan layanan internet super cepat yang bsia mencapai 2Mbps, dirasa Dicky akan memuaskan pelanggan hotel yang mengambil konsep hotel bintang lima dengan konsep taman botani itu.

Saat ini  first media baru menyediakan tiga channel yang bisa melayani permintaan high-definition, yaitu HBO, ESPN, dan fashion tv. Sayangnya, saat dicoba dilokasi konferensi pers, belum semua film yang disediakan HBO HD telah berkualitas gambar tinggi. “Tergantung pihak penyedia layanannya,’ ujar Dicky beralasan.

Nantinya, firstmedia akan dilakukan penambahan channel. Tiga channel yang akan ditambahkan pada waktu dekat adalah AXN, starworld, dan discovery channel.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu