Tuesday, May 21, 2024
Berita Teknologi

Biar Gedung Makin Pintar, IBM Akuisisi Tririga

IBM melebarkan sayapnya di bidang properti dengan mengakuisisi TRIRIGA, Inc., sebuah perusahaan swasta di Las Vegas, Amerika Serikat. Perusahaan ini merupakan penyedia software untuk mengelola bangunan dan real estat. Dengan mengakuisisi Tririga, IBM berharap dapat membantu pengembang untuk menciptakan bangunan-bangunan pintar, yang tak hanya  pintar membangun tapi juga pintar dalam pengelolaannya.

Dengan software buatan TRIRIGA ini, IBM mengklaim dapat membantu para pengembang agar lebih efektif dalam penggunaan ruang, mengevaluasi inisiatif real estat alternatif, menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dari proyek-proyek besar, serta analisis dampak lingkungan yang lebih baik. Perlunya efisiensi dalam pengelolaan propert, IBM nilai perlu, sebab inilah pengeluaran kedua terbesar perusahaan stelah kompensasi karyawan dalam laporan laba/rugi perusahaan. Nilai investasi dan biaya operasionalnya bahkan mencaplok 30% pengeluaran tahunan korporat.

IBM memiliki program yang dinamakan smarter building. Program ini diluncurkan terkait dengan masalah kerusakan lingkungan global saat ini. Sehingga, dengan inisiatif yang didukung oleh teknologi IBM ini, diharapkan bisa membantu menghemat sumber daya. Salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama dengan ribuan perusahaan di seluruh dunia untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan efiiensi perlengkapan di gedung-gedung kantor, kampus-kampus, resor-resor, rumah sakit-rumah sakit dan kota-kota dengan menggunakan piranti lunak Smarter Buildings IBM. Software ini meliputi analitik, otomatisasi, dan IBM Maximo Asset Management.

Integrasi software yang digunakan untuk mengurus efisiensi proper ini adalah yang diunggulkan IBM. Intergasi ini diperlukan untuk mengurangi kerumitan karena tiap proses pengelolaan dikerjakan oleh software berbeda. Sebab, saat ini, banyak manajer fasilitas, manajer real estat dan eksekutif mengandalkan berbagai produk dari berbagai vendor untuk mengoptimalkan infrastruktur fasilitas mereka, administrasi sewa, konsumsi utilitas ruang dan okupansi, serta penilaian kondisi fasilitas.

Dengan akuisisi TRIRIGA, memungkinkan solusi IBm Smarter Building itu untuk mengoptimalkan penggunaan gedung, mengurangi biaya okupansi, dan meningkatkan administrasi sewa, serta melakukan perkiraan masa depan. Untuk proyek besar, solusi TRIRIGA bisa membantu mengoptimalkan nilai gedung dengan biaya serendah mungkin. Solusi ini juga membantu memonitor biaya utilitas dan konsumsi, menganalisa investasi lingkungan hidup, dan menetapkan strategi pengelolaan karbon.

TRIRIGA akan diintegrasikan ke dalam IBM Tivoli Software dan IBM Global Business Services.  Transaksinya diharapkan akan selesai di kwartal kedua 2011, setelah mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang dan memenuhi persyaratan yang umum. TRIRIGA memiliki kurang lebih 200 karyawan di seluruh dunia.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu