Siapkan 8 Miliar Dolar, Microsoft Segera Caplok Skype

JAKARTA, SELASA – Sebentar lagi kita akan mendapat kepastian apakah Microsoft jadi mencaplok Skype dengan nilai US$ 7 miliar – US$ 8 miliar. Termasuk hutang jangka panjang Skype, nilai total dari akuisisi itu berkisar dUS$ 8,5 miliar.

Akuisisi Skype ini akan memberi Microsoft nama besar di ajang Intenet. Sebelumnya Microsoft banyak berinvestasi dalam memasarkan dan mengembangkan teknologi mesin pencarinya (Bing). Namun, di AS pasar tersebut tersebut dikuasai oleh Google.

Jika Microsoft jadi mengambil alih kepemilikan Skype, berarti ia akan menjadi pemilik keempat perusahaan itu dalam kurun waktu delapan tahun. Sebelumnya, perusahaan yang didirikan tahun 2003 oleh Niklas Zennstrom and Janus Friis, dua pengembang software, sempat dimiliki oleh eBay (2005) dan grup investor teknologi Silver Lake Partners, biro kapital ventura Index Ventures and Andreessen Horwitz dan Canada Pension Plan Investment Board (2009).

Dengan nilai mendekati US$ 8 miliar, akuisisi Skype akan menjadi akuisisi terbesar dalam sejarah 36-tahun Microsoft. Tahun 2007, Microsoft membayarkan sekitar US$ 6 miliar untuk membeli biro iklan online aQuantive Inc., yang belakangan oleh banyak eksekutif Microsoft disebut sebagai terlalu besar nilainya.

Skype adalah layanan yang mengoneksikan jutaan pengguna di seluruh dunia via video dan telefoni berbasis Internet. Skype menggunakan teknologi VoIP (voice over Internet protocol), yang memperlakukan panggilan telepon sebagai data seperti halnya pesan e-mail dan mengarahkannya via Internet, bukan melalui jaringan telepon tradisional. Software Skype, yang gratis diunduh, memungkinkan para penggunanya untuk menghubungi pengguna Skype lain di komputer atau ponsel tertentu secara cuma-Cuma. Pengguna Skype juga bisa menggunakan telepon biasa dan melakukan panggilan video dengan tarif tertentu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: