Review Software File Scavenger

Salah satu alternatif aplikasi penyelamat data terhapus adalah File Scavenger. Ia bisa melakukan penyelamatan pada data yang terhapus akibat beberapa sebab, seperti ter-delete, terhapus dari recycle bin, file corrupt, terformat, partisi terhapus, dan juga karena hard disk terkena bad sector. Nantinya data yang bisa diselamatkan akan ditampilkan secara detail. Secara teori, aplikasi ini mampu mengembalikan data ke file, bahkan folder aslinya.

Media simpan yang didukungnya juga beragam, mulai dari flash disk, kartu memori, zip drive, dan tentu saja hard disk. Tidak hanya pada mode hard disk tunggal saja, tapi dapat pula digunakan untuk me-recover hard disk dengan mode RAID yang merupakan rangkaian beberapa hard disk.

Untuk mempercepat proses pencarian, File Scavenger memberi opsi agar melewatkan file-file yang tidak ingin ikut terdeteksi. Ia juga memberikan pilihan pencarian secara cepat (Quick) atau secara spesifi k (Long). Jika tidak ingin menunggu lama dan berharap file langsung ditemukan, kamu bisa memilih yang pertama. Sedangkan opsi Long bisa dipilih jika pada kemungkinan pertama tidak ditemukan file yang dicari, yang tentu saja berimbas pada waktu pencarian yang lebih lama.

Karena merupakan aplikasi berbayar, File Scavenger memberikan batasan pada versi demo-nya. Kamu hanya bisa menyelamatkan data sebatas ukuran 64KB saja. Namun file berformat gambar seperti JPG, BMP, TIF, PNG, dan sejenisnya bisa ditampilkan secara preview. (Dayu Akbar)

 

Informasi

Situs web http://www.quetek.com
Ukuran file 1,56MB
Lisensi Demo
Harga US$49
Kebutuhan sistem Windows 2000/XP/2003/Vista/7

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.