Touchscreen Andalan Baru Nokia, Nokia X7

Selain E6, satu lagi ponsel Nokia yang menggunakan Symbian Anna adalah Nokia X7. Ponsel hiburan ini hadir dengan layar sentuh yang lega berukuran 4 inci. Berbeda dengan E6, layar X7 sudah diperkuat dengan Gorilla Glass, selain tentunya lebih responsif dan gesit.

Ponsel satu ini memang hadir untuk memperkuat jajaran produk Nokia untuk kategori layar sentuh. Apalagi untuk kategori smartphone, pasar Nokia terus tergerus oleh Android dan Apple. Nokia memang sempat mengembangkan berbagai OS selain Symbian untuk ditanam di perangkatnya. Namun untuk perangkat barunya ini, Nokia sepertinya masih setia dengan Symbian.

Symbian Anna merupakan pembaruan dari Symbian3 yang sebelumnya terpasang pada Nokia N8, E7, C7 and C6-01. perangkat-perangkat tersebut, kabarnya juga segera akan mendapat upgrade menjadi Anna. Tampilan sistem operasi ini lebih interaktif dengan menghadirkan koneksi dengan Facebook dan Twitter secara real time. Pembaruan juga dilakukan pada ikon-ikon, tersedianya keyboard qwertyketika ponsel ditegakkan, peramban baru, juga peningkatan Ovi Maps. Ditambahkan pula beberapa fiturenterprise ke dalam ponsel ini, seperti akselerasi perangkat keras, enkripsi, serta peningkatan fitur keamanan.

Dimensi ponsel ini yang tidak terlalu lebar (6,28 cm) membuatnya cukup nyaman untuk digunakan sebelah tangan. Dimensi ini ternyata pas juga untuk dibenamkan layar berukuran wide screen (16:9) yang pas buat menonton film favorit kamu. Layar kapasitif 16juta warna dengan resolusi 640×320 juga bikin gambar-gambar yang tampil di layar  cukup tajam.

Lihat empat sudut ponsel yang bergaris-garis? Disitulah letak speaker ponsel ini. Karena ditaruh di pinggir, bukannya di bagian belakang, sehingga suara yang keluar dari speakerphone ini terdengar lebih lantang. Kamera 8 megapixel turut menyokong ponsel ini untuk menghasilkan gambar berkualitas HD.

Sebagai sebuah ponsel hiburan, kehadiran game tentu jadi syarat mutlak. Ponsel ini sudah menyertakan dua game HD didalamnya, Asphalt 5 dan Galaxy on Fire. Sayangnya, memori internal yang disertakan seberapa besar, 320MB saja. Solusinya, tentu dengan menambahkan memori internal yang bisa menampung hingga 32Gb.

Perangkat ini dibanderol seharga 4.250.000 dan mulai tersedia di gerai-gerai Nokia bersama dengan Nokia E6 bulan ini.

 

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.