Cisco Kasih Tujuh Tips buat Pencari Tablet Bisnis

JAKARTA, SENIN – Tablet komputer sedang naik daun di tanah air. Berbagai merek dan model ditawarkan sehingga kamu bisa bingung memilih mana yang paling cocok bagimu.

Nah agar tidak larut dalam kebingungan, Cisco mengajukan tujuh tips berikut bagi kamu yang mencari tablet untuk keperluan bisnis. Usulan Cisco ini didasarkan dari masukan pelanggannya.

1.      Keamanan. Ketika mengimplementasikan penggunaan komputer tablet secara menyeluruh dalam perusahaan, para manager TI harus mempertimbangkan bagaimana perangkat tersebut dapat menyediakan keamanan kelas bisnis – termasuk enkripsi, otentifikasi perangkat, keamanan saat terkoneksi di jaringan kabel mau pun jaringan nirkabel, dan konektifitas VPN.

2.      Mendukung Kolaborasi. Para pengguna tablet untuk perusahaan harus dapat dengan mudah menggunakan aplikasi kolaborasi, seperti komunikasi suara kelas bisnis, konferensi dalam berbagai bentuk, Instant Messaging (IM), presence, e-mail, dan kolaborasi tim secara virtual dari satu perangkat mobile.

3.      Administrasi & Manajemen Enterprise. Para administrator TI suka menyederhanakan administrasi dan manajemen tablet dengan mempertahankan pola dialing umum, memastikan interoperasi dengan perangkat lain, dan pembelian dalam jumlah besar untuk disebar di perusahaan. Para manajer TI seharusnya bisa menentukan pilihannya, berdasarkan pengguna, untuk memberikan (atau menolak) ijin mengunduh aplikasi dari berbagai marketplace berdasarkan kebijakan sekuriti dan pengadaan yang ada.

4.      Interoperabilitas Komunikasi Video. Untuk mendukung komunikasi bisnis, karyawan memerlukan komputer tablet yang tidak hanya mendukung video mobile yang dipakai dalam internal perusahaan, tetapi seharusnya juga mendukung interoperabilitas dengan solusi video multi-vendor dan standard video seperti H.264.

5.      Kemampuan Komputasi yang Kuat. Untuk penggunaan bisnis, komputer tablet harus memiliki kekuatan pemrosesan yang memungkinkan pemakaian dan berbagi pakai data, sekaligus juga untuk membuat dan mengedit konten. Dengan kekuatan seperti itu, pengguna dapat merasakan pengalaman penggunaan dekstop yang sepenuhnya melalui komputer tablet.

6.      Tersedia di Awan. Virtualisasi dekstop memungkinkan kamu untuk meng-host aplikasi software secara fleksibel dan aman di data center dan menggunakan jaringan untuk menghantarkan aplikasi-aplikasi tersebut sebagai layanan, kapan pun dan di mana pun. Lingkungan yang tervirtualisasi ini harus dapat diteruskan secara mulus ke perangkat-perangkat mobile, termasuk komputer tablet.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.