PCplus 390: Optimalkan Jaringan Rumahan

Terbit: Selasa, 19 Juli 2011

Hampir semua pengguna perangat teknologi informasi pasti menggunakan jaringan. Entah yang lokal atau internet pasti pernah dicicipi baik di rumah, sekolah, kampus, maupun tempat kerja. Nah edisi 390 ini hadir spesial membahas semua yang “berbau” jaringan. Penasaran? Berikut sedikit  “sneak peak” edisi ini.

Dari dapur uji PCplus menghadirkan aneka uji komponen teranyar buat yang mau mengupgrade “jeroan” PC-nya. Di halaman 3 kamu bisa menemukan uji 2 perangkat memori DDR, mereka adalah Apacer DDR3-1333 2GB dan VenomRX Overclocker Edition yang juga berkapasitas 2GB. Lanjut ke halaman 4, kamu akan langsung disuguhi 4 motherboard pilihan untuk AMD E-350 dengan chipset AMD E50M. 4 mobo ini PCplus hadirkan khusus buat kamu yang mau coba seri Accelerated Processing Unit (APU) Fusion milik AMD.

Dari komponen kita menuju ke bahasan jaringan. Masih dari Lab, PCplus mencoba menguji 3 standar nirkabel yang paling banyak dipakai, yakni IEEE 802.11 b/g/n. “N” adalah ayng terbaru, tapi seberapa cepat dia? Benarkah bisa mencapai 150Mbps seperti yang dijanjikan? Hasilnya PCplus beberkan di halaman 6.

Dari Lab kita langsung menuju trik seputar jaringan. Di halaman 7 ada trik jaringan Speedy, trik mematikan koneksi internet jarak jauh serta trik konfigurasi modem Huawei e5832 untuk mengirim SMS. Halaman 9 dan 10 lebih seru. Kamu akan diajarkan cara mengirim pesan lewat jaringan, menguji keamanan jaringan yang kamu punya, menghemat bandwidth, meningkatkan peforma Wifi sampai bikin hotspot sendiri tanpa pakai Access Poin. Buat yang merasa jaringannya kurang optimal, coba utak-atik registry Windows kamu buat mengoptimalkannya, caranya ada di halaman 11. Di halaman yang sama juga dibahas trik membatasi akses internet dan mengingkatkan keamanan access point.

Sesuai tema edisi ini, rubrik tutorial pun banyak membahas seputar jaringan. Di halaman 27, PCplus mengajarkan bagaimana caranya bekerja sama (kolaborasi) di rumah, kantor atau kampus dengan memanfaatkan jaringan dari aplikasi office suite. Nantinya kamu bisa membuat dan  menyunting dokumen itu bersama-sama dari PC yang berbeda. Tutorial bagi-bagi internet dengan perangkat Mifi di halaman 31 juga nggak kalah keren. Di sini kamu bisa memanfaatkan Mifi untuk berbagi koneksi tunggal dari internet kamu. Kalau sudah berhasil berbagi jaringan, sekarang coba akses jaringan tadi lewat PC kamu di lain tempat. Caranya? Pakai VPN dong. Di halaman 32 Nurfadjar mengajarkan caranya membangun VPN dengan Hamachi. Gampang dan sangat aman kok. Oh ya, buat yang pakai Windows 7 nih, ada tutorial keren tentang caranya membangun home group di Windows 7 supaya kamu bisa berbagi file, folder, dan printer di jaringan lokal. Langkahnya dipaparkan di halaman 33.

Sudah belajarnya? Kita santai di PCplus Rocks yuk. Ada yang unik di edisi ini kalau kamu menyimak rubrik Who Rocks. PCpluser yang ada di Yogyakarta mungkin kenal sama sosok ini. Aslinya, ia berprofesi sebagai penarik becak, namun bukan itu yang bikin Harry van Jogja (begitu ia dikenal) beken, melainkan aktifitasnya di dunia digital dan media sosial. Berkat “narsisnya” itu dia pernah tampil di televisi Jepang NHK dan bersliweran di jaringan TV nasional. Penasaran? Buka deh halmaan 26 PCplus Rocks. Dan jangan lupa juga buat nyimak komuntas Astronomi yang nggak kalah keren dirubrik Gen+ di halaman 21. Cocok nih buat PCpluser yang bercita-cita jadi astronom.

Happy Reading!

Bonus CD: Aplikasi jaringan, ragam aplikasi gratis, game gratis, Update Avira anti virus.

Bonus CD PCplus juga bisa digunakan untuk booting komputer yang terkena masalah virus, bekerjasama dengan Dr Web Live CD (http://www.virusicu.com).

Informasi Penjualan Tabloid PCplus:
SMS. 0811 908 680
Tel. 021-530 6263
Fax. 021-536 99096
email. [email protected]

 

3 thoughts on “PCplus 390: Optimalkan Jaringan Rumahan

  • 20/07/2011 at 07:22
    Permalink

    Monitor Pagi Om admin, numpang duduk bentar…
    Mikir-mikir beli nggak ya? Temanya belum bisa dilakuin di rumah..

    Kapan nih PCplus ngangkat tentang Blog monetizing ?

  • 20/07/2011 at 08:05
    Permalink

    Dicopy bos .. ditampung ide untuk Blognya 🙂

  • 03/01/2012 at 15:06
    Permalink

    Terima kasih Infonya, Juga Tipsnya Y mas Bro !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.