SAP HER, Solusi Manajemen Kampus dari SAP

Jakarta (4/7/11), PT SAP Indonesia mengumumkan bahwa Universitas Kristen Maranatha, Bandung, sedang mengimplementasikansolusi ERP (Enterprise Resources Planning) SAP. Khusus untuk universitas, SAP memiliki solusi tersendiri, SAP HER, terang Arief Setiawan, BusinessManager, SAP Indonesia. Implementasi SAP di uiniversitas ini dibantu oleh Metrasys.

SAP HER adalah solusi untuk universitas yang memungkinkan efektifitas biaya manajemen dengan menyediakan fungsi-fungsi yang meliputi seluruh kegiatan inti universitas, baik perencanaan akademis, organisasidan administrasi data mahasiswa, serta administrasi biaya dan hibah dalam akun mahasiswa.

“Kami mendapat tantangan dalam mengaplikasikan SAP ERP di Universitas Kristen Maranatha, salah satunya yakni banyaknya aplikasi yang digunakan oleh UniversitasKristen Maranatha dengan platform yang berbeda-beda,” terang Suprapto, Project Director and Head of Metrasys.

Hal ini mengakibatkan sulitnya pencarian, pengaturan data, dan pembuatan laporan. “Memiliki sistem yang efektif dan efisien akan memberikan kami lebih banyak waktu untuk merencanakan danmengelola setiap aspek di Universitas menjadi lebih baik, dan solusi SAP ERP membantukami untuk mencapai hal tersebut,“ ujar Rektor Universitas Kristen Maranatha, Prof. Dr. Ir. H.P. Septoratno Siregar, DEA.

Untuk tahap pertama, akan diimplementasikan modul Akuntasi Keuangan, PengendalianBiaya, dan Pengelolaan Aset. Modul tersebut akan digunakan oleh Biro Administrasi Keuangandan Yayasan dengan total sekitar 19 karyawan. Diharapkan setelah implementasi tahap ke-tiga, seluruh karyawan dan mahasiswa dapat terkoneksi dengan SAP melalui Employee Self Service dan Student Self Service. implementasi ini diharapkan bisa tersedia penuh pada 3 Januari 2012, ujar Suprapto.

Secara keseluruhan, SAP ERP merupakan solusi bisnis yang terintegrasi untuk organisasi dari beragam industri dan mendukung proses bisnis end-to-end yang dapat memberikan wawasan dan keunggulan operasional bagi perusahaan yang mengimplementasikannya. Universitas Kristen Maranatha berdiri sejak tahun 1965. Memiliki delapan fakultas dengan dua puluh lima program studi, dan tiga program pasca sarjana.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

2 thoughts on “SAP HER, Solusi Manajemen Kampus dari SAP

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.