Hey, Sparx Up Award Datang Lagi!

JAKARTA, JUMAT – Setelah sukses di tahun 2010, Sparx Up Awards merupakan apresiasi kepada para start up di Indonesia. Acara ini akan diadakan secara online dan offline juga akan dihadiri oleh para pelaku media, praktisi digital dan para blogger. Tema yang diangkat kali ini adalah ‘Innovate or Die’.

Dengan mengangkat tema ini, Sparx Up kali berharap dunia startup tanah air bisa lebih bergairah. Sebab, kurangnya inovasi yang dilakukan oleh para startup dengan sekedar meniru situs luar negeri, dalam jangka panjang akan mengakibatkan tidak sehatnya perkembangan dunia digital di tanah air.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah kurangnya kemaunan para founder untuk memikirkan kelangsungan hidup situsnya dalam jangka panjang. Muncul fenomena, founder hanya berniat untuk menjual kepemilikan situsnya saja. Ini sangat disayangkan karena potensi yang dimiliki start up lokal sangat besar.

Diharapkan para start up bisa terdorong untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki, membangun ciri khas pasar lokal, serta memikirkan model bisnis jangka panjang. Sebisa mungkin model bisnis ini bisa bertahan dan sukses tanpa investor sekalipun.

Pendaftaran Sparx Up Awards 2011 telah dibuka untuk start up lokal mulai tanggal 1 Agustus 2011 dan ditutup tanggal 2 Oktober 2011. Selanjutnya penjurian secara online akan dimulai dan pengumuman pemenang akan dilakukan di tanggal 21 Oktober 2011. Dalam rangka memaksimalkan program ini, akan diadakan serangkaian kegiatan seperti roadshow ke kampus dan komunitas digital serta seminar rutin setiap bulan setelah pengumuman pemenang.
Juri terdiri dari para pemain digital yang berpengalaman, terdiri dari Amalia E. Maulana, Andi S.Boediman, Andrew Darwis, Andy Zain, Antonny Liem, Aulia Masna, Edi Taslim, Fajar Budi Prasetyo, Handono Warih, Jerry S. Justianto, Marlin Sugama, Nanda Ivens, Nukman Luthfie, Steve Christian dan Wicaksono Hidayat.

Di dalam kompetisi Sparx Up Awards 2011 ini, peserta di bagi dalam 8 kategori dan akan dipilih pemenang nya dari setiap kategori. Kategori tersebut yaitu:
1. Best Social Networking Site – Kategori ini untuk situs web yang menyediakan fasilitas
interaksi sosial bagi pengguna melalui web atau wap.

2. Best Use of Technology – Situs yang mengutamakan teknologi baru atau modifikasi yang kreatif dan berguna dalam kategori ini.

3. Best e Commerce – Kategori ini untuk situs web yang menyediakan fasilitas untuk transaksi komersial antara pengguna (B2B2C), seperti pasar online.

4. Best Games – Ini adalah kategori khusus untuk situs web yang menyediakan game, baik online atau offline.

5. Best User Generated Content – Kategori ini untuk situs web yang menyediakan sarana interaksi antara pengunjung (web 2.0). Semua isi yang dibuat oleh pengunjung dan untuk dikonsumsi oleh pengunjung.

6. Best Portal – Kategori untuk portal adalah situs web yang berfungsi sebagai gerbang atau portal yang menyediakan semua-dalam-satu informasi dari segala jenis sumber. Selain fitur standar dari mesin pencari, web portal juga menyediakan beberapa layanan seperti e-mail, berita, database, informasi, dan hiburan.

7. Best WAP – Kategori ini untuk situs WAP pada telepon selular. Secara umum, tampilan teks lebih banyak daripada gambar. Desain situs WAP harus mempertimbangkan faktor ukuran layar kecil.

8. Best Mobile Application – Kategori ini untuk pengembangan aplikasi khusus di handset seluler. Kreativitas dalam mengembangkan fitur yang dapat digunakan maksimal dalam aplikasi di telepon seluler.

Puncak acara Sparx Up pada malam penghargaan akan diisi dengan talkshow dari webpreneur (Ahli Digital, Pemilik dari salah satu situs terbesar di Indonesia), Pameran situs dari para finalis, hiburan dan pengumumam pemenang. Tahun ini akan diadakan sesi ‘Reserve Pitch’ yang didedikasikan untuk para start up lokal. ‘Reserve Pitch’ hadir untuk menjelaskan tentang Venture Capital/Inkubasi dan semua informasi tentang para investor seperti alasan mengapa mereka melakukan investasi kepada para start up lokal, hal-hal yang menjadi pertimbangan, halangan serta keunggulan yang dicari dan bagaimana cara menginterpretasikannya .

Sparx Up juga mengadakan road shows ke kampus-kampus yang dianggap sebagai komunitas Sparx Up dan sebagai media komunikasi verbal. Program ini juga di dukung para komunitas seperti Fresh dan Startup Lokal di Jakarta, FOWAB (Forum Web Anak Bandung) di Bandung, BANCAKAN 2.0 di Jogjakarta, SUWEC (Surabaya Web Komunitas) di Surabaya serta Subali (Startup Bali) di Bali.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: