Hore, Ada Upgrade Gratis Kecepatan Internet

JAKARTA, KAMIS – Siapa pun yang berselancar di Internet pasti mendambakan koneksi yang cepat dan stabil. Sayangnya di tanah air, kecepatan akses internet masih lelet, apalagi jika dibandingkan negara-negara tetangga. Singapura misalnya, membanggakan kecepatan akses internet 17,62MBps. Angka di Korea Selatan jauh lebih tinggi, yakni 33Mbps, sementara di Jepang 16,33Mbps.

Lalu di mana posisi Indonesia? Hmm, untuk kategori kecepatan akses Internet, Indonesia duduk di peringkat 146 dari 200 negara. Akses Internet di negara kita rata-rata hanya 1,34Mbps. Begitu menurut siaran pers FastNet.

Rendahnya peringkat kecepatan akses Indonesia itu berbalikan dengan jumlah pengguna fasilitas Internet, khususnya pengakses Facebook, Twitter dan blog. Ya, pengguna Facebook di Indonesia terbesar kedua di dunia. Jumlahnya 35,5 juta, begitu menurut data per Maret 2011. Sedangkan untuk Twitter, jumlah penggunanya 4,8 juta, yang mendudukkan Indonesia di peringkat empat terbesar di dunia. Untuk blog, sampai Oktober 2010 tercatat ada 3,2 juta blogger dengan posting lebih dari 4,1 juta blog.

Prihatin dengan kenyataan di atas, salah satu penyelenggara Internet broadband yakni FastNet berniat menggenjot kecepatan akses bagi para pelanggannya. “Bukan jamannya lagi mengakses Internet dengan kecepatan terbatas,” kata Dicky Moechtar (Sales Director, First Media) di sela-sela acara kerjasama First Media dengan Fox International Channels di Jakarta akhir pekan lalu (19/8/2011).

Maka ditawarkanlah fasilitas upgrade minimal ke 3MBps. Jadi kalau kamu sudah berlangganan FastNet Express 2Mbps, kamu bisa upgrade ke 3Mbps. Tapi kalau sekarang kamu sudah langganan kecepatan 3Mbps (FastNet Premium), kamu boleh beralih ke 6MBps. Bagaimana kalau sudah berlanggan 6MBps, upgrade-nya ya ke 12Mbps. Kabar baiknya, upgrade tersebut gratis dan berlaku mulai akhir bulan Agustus ini. Asyik kan?

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Hore, Ada Upgrade Gratis Kecepatan Internet

  • 23/09/2011 at 08:32
    Permalink

    sayangnya akses internet cepat dan murah cuma berlaku buat masyarakat perkotaan/dalam kota aja.
    bagaimana dengan kami yg tinggal di daerah pinggiran kota?
    internet cepat dan murah cuma jadi impian, kami bahkan harus rela mengeluarkan duit untuk membeli akses internet terbatas (konon katanya unlimited tapi ADA QUOTA-nya) dengan harga yang mahal pula.
    pemerintah cuma sibuk ngurusin masalah undang2 pornografi dan transaksi elektronik aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.