Thursday, May 30, 2024
Review HardwareReview Produk

SoundMagic PL50

Headphone dengan merek yang mungkin masih asing di telinga ini merupakan penantang yang potensial. Datang dari negeri tirai bambu, SoundMagic punya beberapa produk headphone dan sebuah HeadAmp. Seri PL50 adalah salah satunya, dan earphone yang berjenis IEM (In-Ear Monitor) ini disebut-sebut sebagai produk andalan mereka.

SoundMagic PL50 punya bentuk yang cukup unik, tidak seperti earphone konvensional. Untuk memakainya kamu harus memutarnya dari belakang telinga. Tapi tenang, pada paket penjualannya kamu akan menemukan semacam frame untuk membantu memposisikan earphone ini agar lebih mudah dipakai. Menariknya lagi, pada paket penjualan tersebut, SoundMagic juga menyertakan dua macam tips untuk isolasi suara, yakni silicon dan semacam foam. Untuk silicon tersedia 4 macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran lubang telinga, sementara foamnya hanya tersedia dua ukuran, kecil dan besar.

Karena konsepnya IEM, jenis dan ukuran isolasi suara (tips) berpengaruh pada keluaran suaranya. Menggunakan jenis silicon, PL50 menghasilkan suara agak bright meski tidak terlalu luas untuk nada tingginya. Sementara dengan foam, karakternya lebih dominan di nada tengah yang terbilang asyik untuk menikmati lagu-lagu tempo lambat dan dominan vokal. Berdasarkan pengalaman, kalau lagu yang didengarkan dominan suara wanita, tips jenis silicon lebih cocok, sementara untuk karakter lagu dengan suara pria, foamlah pilihannya. Tinggal sesuaikan dengan koleksi lagu-lagu kamu. Repot ya?
(kar)


Spesifikasi

Ear CouplingIn-ear monitor
Frequency Response15 – 22000 Hz
Impedansi (pada 1 kHz)55,5±15% Ω
Sensitivity (pada 1 kHz)109±2 dB/mW
Bobot± 10gr
Kabel Koneksi1,2m; gold plated 3,5mm jack stereo plug
Ukuran TipsS, M, L, XL (silicon); S, L (foam)
Situs webhttp://www.soundmagic.com.cn
Garansi1 Tahun
Harga*Rp. 529.000,-

Aces Digital Multitrada (021) 6127712

 

+ Suara oke, paket penjualan lengkap dan menarik.

Tidak ada petunjuk kiri/kanan, repot kalau tukar jenis lagu.

 

Rating   7,9

 

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu