Tiga Seri “470” dari Lenovo untuk UKM

Ki-ka: Inti Harsono (Distribution & 4P Manager, Lenovo Indonesia), Capriana Natalia (Marketing Communication Manager, Key Account Business Indonesia, Lenovo Indonesia) dan Stefianus Jatiman (Product Specialist, Lenovo Indonesia) menunjukkan notebook Lenovo terbaru.

JAKARTA, KAMIS – Selain membedah ThinkPad Edge E120, Stefianus Jatiman (Product Specialist, Lenovo Indonesia) juga memperlihatkan tiga notebook 14” yang ditujukan ke kalangan UKM. Ketiga produk itu  bernomor seri sama, yakni 470. Pembedanya adalah huruf di depan angka tersebut: B dan V.

Tepatnya tiga produk itu adalah Lenovo V470, Lenovo V470C dan Lenovo B470. Angka 4 menunjukkan ukuran layar, yakni 14”. Sedangkan huruf B merujuk pada target pasar yakni entry-level dengan titik berat pada value. Produk berhuruf V juga menyasar kalangan entry level, tetapi dengan titik berat pada mereka yang juga mementingkan fitur  (smart).

Eh, kalau begitu apa beda V470 dengan V470C? Yang berakhiran C, ternyata harganya lebih murah dibandingkan yang tanpa C. Tapi fiturnya mirip. Misalnya, sama-sama mengemaskan baterai 6-cell. Juga sama-sama datang tanpa OS. Bahkan fisik luarnya pun tak beda, yakni sama-sama memamerkan cover yang terbuat dari alumunium (metal).

“Tampilan luar V470C sama dengan V470, tapi dalamnya beda. V470 terbuat dari metal luar dalam, sedangkan V470C bagian dalamnya hitam, terbuat dari plastik,” jelas Stefianus. “Ini kawinkan seri B dengan seri V dengan spesifikasi yang (kurang lebih) sama,” tambahnya.

Tapi kalau ditilik-tilik, ada lagi loh perbedaan V470 dengan V470C. Di V470, kamu akan menemukan fingerprint reader, switch Wi-Fi, switchable graphics, fitur USB port lock, tombol OneKey Recovery dan sistem APS untuk mengamankan isi hard disk dari efek goncangan/benturan ketika notebok terjatuh/bergetar, keyboard model Accutype yang lebih mudah digunakan dan dibersihkan karena memiliki sela di antara tuts dan fitur ReadyComm 5.0.  Di V470C, sistem APS tidak diterapkan pada hard disk.

Karena itulah, harga V470C juga lebih murah dibandingkan V470. “V470 harganya dimulai dari USS 750, sedangkan V470C mulai dari US$ 570,” kata Inti Harsono (Distribution & 4P Manager, Lenovo Indonesia).

Bagaimana dengan Lenovo B470? Yang ini dijual dengan harga mulai US$ 500, juga tanpa OS. Berbeda dengan seri V, seluruh badan B470 terbuat dari plastik. Namun spesifikasinya mirip V470C, yakni tanpa fitur APS.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Tiga Seri “470” dari Lenovo untuk UKM

  • 07/03/2012 at 16:41
    Permalink

    rancu sekali , di website resmi ditulis B470 V470 support APS. di artikel ini ditulis tidak support.

    informasinya simpang siur. memangnya chip akselerometer bisa dilepas & dipasang seenak sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.