IBM System z114, Server Tangguh yang Ramping

IBM memperkenalkan mainframe terbaru mereka, IBM System z114. Produk ini merupakan bagian dari zEnterprise System yang menyediakan server tangguh dengan zero downtime alias tersedia setiap saat.Mainframe ini kerupakan peningkatan dari mainrame System z196 yang meluncur pada Juli 2010 sebagai komputer hybrid IBM yang pertama. Mainframe adalah server berperforma tinggi dan tangguh, karena bisa berjalan 24 jam seminggu.

Mainframe terbaru ini memberikan pemangkasan biaya operasional hingga 25%. Sekaligus, memberikan peningkatan performa 25% lebih tinggi. IBM System z114 ini ditenagai oleh 14 mikroprosesor, dimana 10 diantaranya dapat dikonfigurasikan sebagai mesin khusus, seperti System z Application Assist Processor (zAAP), System z Integrated Information Processor (zIIP), dan Integrated Facility for Linux (IFL).

Jika diakumulasi selama tiga tahun, total biaya untuk perangkat keras, piranti lunak, dan dukungan untuk z114 yang baru lebih rendah 80% dibanding dengan server-server terkonsolidasi. Ditambah lagi dengan penghematan ruang dan energi, karena semua kemampuan z114 itu tersimpan dalam satu mesin yang ramping.

“Server zEnterprise 114 ini merupakan pilihan menarik bagi perusahaan-perusahaan yang mengalami pertumbuhan pesat.Organisasi-organisasi ini menghadapi tantangan dalam hal luapan data yang semakin besar,” ujar Fetra Syahbana, Country Manager, System&Technology Group, IBM Indonesia.

Fetra menambahkan bahwa kehadiran mainframe z114 ini mengubah pandangan bahwa server mainframe hanyalh untuk perusahaan skala besar. Kini, perusahaan menengah yang tengah tumbuh pun bisa menggunakan mainframeyang dilego mulai dari US$300.000 ini. “Semua tergantung kebutuhan,” terangnya. Dengan harga dasar itu, pengguna mendapat 26 MIPS yang bisa diperluas hingga 3300 MIPS.

Ada pula dukungan untuk server blade System x IBM tertentu dalam zEnterprise System. Server-server blade System x tertentu ini dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Linux x86 tanpa perubahan apapun. Dukungan untuk aplikasi-aplikasi Windows akan menyusul. Dengan zEnterprise Blade Center Extension (zBX), pelanggan juga bisa mengelola beban kerja yang dijalankan pada beberapa platform. System z114 juga dirancang untuk mengkonsolidasikan beban kerja dari ratusan server x86.

System z114 menjalankan sistem operasi zEnterprise terbaru, termasuk z/OS V 1.13. Pembaruan pada versi ini ditujukan pada kemampuan pengelolaan disk dan software, pendeteksian dini otomatis, fitur kriptografi dibangun untuk menjamin keamanan dengan merancang ulang perangkat keras dengan kemampuan enkripsi berbasis prosesor dan ko-prosesor.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.