Tuesday, March 5, 2024
Berita Teknologi

Mengintip Windows 8

Desktop gaya Metro yang diperkenalkan di Windows 8 (thewindowsclub.com)

JAKARTA, RABU – Mekipun belum resmi diumumkan, Windows 8 sudah menarik perhatian banyak orang. Tak ayal, banyak juga yang menerka-nerka tentang fasilitas dan kemampuan yang bakal ada di Windows 8. Situs The Windows Club (www.thewindowsclub.com) sempat menguak sedikit tentang Windows anyar ini, seperti apa?

Inilah start menu di Windows 8 (thewindowsclub.com)

Menurut situs tersebut, Windows 8 memiliki antarmuka yang cukup cantik serta dioptimalkan untuk perangkat berlayar sentuh (touch screen), Microsoft menyebutnya sebagai gaya Metro (Metro style). Semua kontrol di Windows 8 sepertinya akan menyenangkan jika dilakukan lewat sentuhan. Begitupun dengan “rasa” browsing dengan Internet Explorer yang meletakkan tampilan situs tepat di tengah perangkat yang menggunakan Windows. Meski demikian, Windows 8 tetap dapat dipakai di perangkat PC desktop biasa dengan memakai mouse.

Keyboard dan aplikasi di Windows 8 (thewindowsclub.com)

Aplikasi-aplikasi di Metro disebut-sebut lebih mudah “diajak” kerjasama serta dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan lebih baik. Sebagai contoh, kita bisa dengan mudah memilih lalu mengirim foto lewat email dari tempat berbeda, seperti: Facebook, Flickr (portal foto online) atau dari hard disk. File foto tadi, berikut file-file data lain, dengan mudah bisa disinkronisasikan ke perangkat lain yang menggunakan Windows 8 melalui internet (cloud) dengan bantuan layanan Sky Drive dari Microsoft.

Penyempurnaan Windows 7

Kalau kamu mengatan WIndows 7 adalah “keren”, maka Windows 8 merupakan penyempurnaan dari kata “keren” tadi. Perbaikan kinerja, keamanan, privasi, serta reliabilitas sistem adalah beberapa landasan utama yang disempurnakan dari Windows 7 untuk kemudian disuguhkan di Windows 8. Di versi anyar ini pula Microsoft menyempurnakan Task Manager-nya, Windows Explorer-nya, serta fleskibilitas yang lebih baik buat yang mau menggunakan banyak layar monitor (multi screen).

Bagaimana dengan kebutuhan hardware?

Pertanyaan di atas banyak dilayangkan oleh penggila Windows dengan sistem lawas. Tapi sebelumnya PCplus kasih info dulu nih kalau Windows 8 nantinya bisa berjalan di beragam sistem dengan beragam ukuran layar. Ia mendukung prosesor berbasis arsitektur ARM dan prosesorΒ  x86 (termasuk 32bit dan 64bit). Ini berarti selain di tablet PC Windows 8 juga bisa dijalankan di netbook, notebook atau desktop PC. Bahkan Microsoft mengklaim produknya ini bisa dijalankan mulai dari tablet berukuran 10 inci sampai layar berdefinisi tinggi ukuran 27 inci.

Bagaimana, mulai tertarik untuk mencoba? Bisa kok. Unduh saja versi preview developernya di http://msdn.microsoft.com/en-us/windows/apps/br229516. Selamat mencoba!

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

22 thoughts on “Mengintip Windows 8

  • Bos, dah ketahuan blm harganya? di w8 ada versi apa ja?

  • Muli BB

    Penasaran mau mencoba win8 tp file yg harus diunduh besar sekale!

  • dr ss d atas, jam nya kok mirip conky di linux ya, πŸ˜€

  • Hihih iya ya … yah mungkin masi mencomot sana sini. Maklum masih dalam kandungan πŸ˜€

  • Belum ada harga bos.. masih developer preview πŸ˜€ ditunggu ajah kalo dah resmi meluncur hehehe

  • cempleone

    developer preview. brarti gratis boss hya??? lagih donlot ni

  • Nanya mas, kira2 bisa gak di uji coba di Netbook Asus Eee PC? dari kebutuhan hardware sih masih bisa, kalau cb install kira2 apa ja yang harus diantisipasi dari kegagalan dan kerugian yang ditimbulkan ?????????
    Karena aku baru pertama ini me_review OS dan aku pemula dalam teknologi komputasi.
    Mksh…………………….

  • Betul bos Cemplon .. gratis πŸ™‚ tapi dimaklumin yak kalo banyak bugnya πŸ™‚

  • Dicoba aja mas, aku sih nyoba di VirtualBox dengan cuma pake alokasi memori 512 jalan tuh πŸ™‚ Monggo dicoba. nanti dishare di sini :).

    Salam

  • kalo masalah kerennya aq ga ragu seperti halnya pendahulunya W 7, tapi harapanq moga yang ini lebih easy load dari W 7 yang agak lelet. thanks πŸ˜€

  • Dewi Sinta

    Bang saya sudah install Windows Developer Preview di virtualbox tapi gagal terus.
    Setelah loading file muncul windows developer preview dan error code : 0x0000000A komputer minta restart t terus menerus, Padahal waktu install windows 7 berhasil dan tak muncul masalah. Bang mohon solusinya.

  • Purba Caraka

    Edisi kapan ya pc plus menyertakan DVD set up windows 8 pre beta, soalnya saya download putus putus, karena filenya terlalu besar

  • cm numpang share aj gan… ^_^
    ni windows mngkin dasarnya windows server 2000 tp tampilannya d rombak sangat baik… moga2 windows ini kyak win XP yaa,, yang kompatible dengan bnyak software n ringan tentunya…
    I like this windows…. ^_^

  • cumplung

    Sebaiknya instal dengan hati-hati. Saya instal dual OS dengan Windows 7 (32 bit), hasilnya ndak bisa boot ke Windows 7. Sudah saya coba repair, tidak berhasil, pakai aplikasi pihak ketiga, juga tidak berhasil. Akhirnya terpaksa instal ulang windows 7 dan hapus OS windows 8…

  • aq langganan pc plus, dan aq beli pcplus edisi 396 kenap wndow 8 gadat tks

  • Eka Santhika

    dikirim balik pakai kupon kirbal aja mas ke PCplus-nyah biar diganti cdnya πŸ™‚

  • ternyta saingan saya udah kluar??? kirain windows tuh lawan yang sulit, ternyta dia hanya bisa membuat sistem operasi yg bagus dengan sistem yang tinggi, beda dengan ubuntu dengan vga 64mb, ram 512, sudah bisa merasakan isitem operasi dengan penampilan menarik…
    hidup LINUX!!!!

  • terimakasih artikel membantu. smga windows 8 sgra kluar. faceback me

  • Terima kasih juga sudah mampir bang Ganang πŸ™‚

  • kog malah mirip linux yaw…. ato jangan – jangan teknologi nya masih tinggi linux,,, wkwkwkkwkww…..

  • udah berhasil download, udah tak instal di laptop ane, alhamdulillah lancar jaya windows 8, untuk booting memang terbukti hanya 8 detik, untuk driver laptop udah terinstal smua saat proses instalasi selesei, tinggal driver PCI aja yang belum, untuk aplikasi dari windows 7 alhamdulillah jalan smua di windows 8 ndak ada masalah, windows 8 terasa lebih ringan di laptop, jadi akhirnya bye bye untuk windows 7, selamat mencoba, kalo minat filenya bisa email ke ane, sementara cukup sekian dulu…:)

Komentar kamu