Trik Menjalankan Aplikasi Windows 8.x di Netbook

netbook-ilustrasi
Untuk menjalankan aplikasi Windows 8.x berbasis Modern/Metro UI dibutuhkan layar dengan resolusi minimal 1024×768 piksel. Hal ini tentu saja menjadi kendala bagi pengguna netbook dikarenakan ukuran layar yang dimilikinya hanya sebesar 1024×600 piksel. Namun jika kamu penasaran tetap ingin menggunakan Windows 8.x dan menjalankan tampilan Modern UI tersebut, ada trik yang bisa dilakukan dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Setelah proses instalasi Windows 8.x berhasil, jalankan registri editor dengan menekan tombol Windows dan ketikkan regedit dan tekan Enter.

netbook-01

2. Tekan tombol Ctrl+F dan masukkan kata kunci display1_downscaling_supported untuk mencarinya. Setelah berhasil, kamu akan mendapatinya di bagian kanan. Klik ganda dan ubah value menjadi 1.

netbook-02a

netbook-02b

3. Tekan tombol F3 dan ulangi cara kedua untuk mencari kata kunci yang sama. Ubah value ke angka 1 pada tiap kata kunci tersebut.

netbook-03

4. Restart komputer kamu dan buka ke bagian pengaturan Screen Resolution. Dan kini kamu akan mendapati pilihan resolusi 1024×768 piksel. Setelah diubah, kamu sekarang sudah bisa menjalankan berbagai aplikasi Windows 8.

netbook-04

Tips: Jika tampilan layar kamu menjadi blank setelah melakukan trik ini, lakukan booting ke Safe Mode dan ubah kembali ke konfigurasi awal.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.