AMD Siapkan Carrizo Mulai 2015

AMD1k
“Secara khusus di Indonesia, kami melihat pergeseran besar pada jajaran produk kami. Secara tradisional, sebagian besar dari bisnis kami berdasarkan pada seri E, di seputar seri E, entry level, di sekitar harga yang paling terjangkau. Dan apa yang telah kami lihat sepanjang semester pertama tahun ini adalah suatu pergeseran yang nyata pada jajaran produk tersebut. Kami telah melakukan pekerjaan yang hebat dalam memanjat ke kelas yang lebih tinggi. Jadi, bisnis seri A telah bertumbuh secara eksponensial,” ujar Peter Chambers (Head of Consumer Business, Asia Pacific & Japan, AMD Far East Ltd) saat media gathering AMD di Jakarta minggu lalu. “Kami sedang dan mampu untuk bersaing di bagian tengah, pasar mainstream,” ucapnya lebih lanjut.

Jakarta, PCplus – Baru saja AMD mengumumkan secara resmi rencananya untuk menghadirkan Carrizo mulai tahun depan, 2015. Carrizo adalah codename untuk APU AMD yang ditujukan untuk menggantikan Kaveri yang menjadi andalan untuk saat ini. AMD Carrizo diklaim akan memberikan tambahan kinerja plus dukungan penuh HSA 1.0 dibandingkan AMD Kaveri.

Tambahan kinerja tersebut diperoleh baik dari sisi CPU maupun dari sisi GPU. Dari sisi CPU, AMD Carrizo akan menggunakan core yang disebut dengan Excavator yang masih didasarkan pada AMD Bulldozer seperti halnya AMD Kaveri, namun tentunya dengan sejumlah perbaikan. Selain itu, arsitektur baru ini dioptimalkan pula untuk notebook atau convertible dan detachable (2 in 1) yang hemat daya. Sementara, dari sisi GPU, AMD Carrizo akan menggunakan Graphics Core Next (GCN) generasi berikutnya yang telah mendukung DirectX versi yang akan datang, 12.

“Dia dioptimalkan untuk daya rendah. Jadi dengan Carrizo, kami membuat peningkatan efisiensi daya yang amat besar, sebut Peter Chambers (Head of Consumer Business, Asia Pacific & Japan, AMD Far East Ltd) mengenai AMD Carrizo. “Menghadirkan Graphics Core Next generasi berikutnya. Jadi, sekali lagi, kami sepenuhnya kompatibel dangan Mantle, DX12 ketika nanti hadir, kami DX12 ready, dan juga Dual Graphics,” imbuhnya kemudian.

APU masa depan ini akan mengintegrasikan pula southbridge secara langsung alias meletakkannya pada die yang sama sehingga bisa disebut sebagai SoC. Selain itu, AMD Carrizo akan sepenuhnya mendukung HSA 1.0, bukan lagi sekadar sejumlah fitur seperti sebelumnya. AMD pun menambahkan fasilitas keamanan dengan memanfaatkan ARM TrustZone.

Selain Carrizo, AMD juga akan menghadirkan Carrizo-L. APU dengan L ini dioptimalkan untuk daya yang lebih rendah lagi dan ditujukan untuk menggantikan versi power efficient generasi sebelumnya, AMD Beema. AMD Carrizo-L dirancang dengan 10 sampai 25 watt, sementara AMD Carrizo dari 15 sampai 35 watt.

 

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.