Review Smartphone Smartfren Wide

Ini adalah perangkat pertama dari Smartfren yang mengusung sistem operasi Android. Aslinya, ini adalah perangkat ZTE Blade, namun dikemas khusus untuk Smartfren yang berjalan di jaringan CDMA 800MHz dengan koneksi data EVDO Rev. A yang punya kecepatan maksimum 3,1 Mbps.

Kelebihan perangkat ini ada pada layar 3,5inci-nya yang terbilang besar. Jenisnya yang kapasitif membuat pengoperasian menu atau bermain game bisa dilakukan dengan sangat responsif. Sayang, prosesor perangkat ARM-11 600Mhz dengan grafik Adreno 200 yang bercokol di dalamnya harus bekerja ekstra keras menampilkan grafis di resolusi 480×800. Padahal, resolusi setinggi ini jamak dipakai di layar ukuran besar (7 inci ke atas), sehingga untuk beberapa aplikasi, utamanya yang butuh sumber daya tambahan, tampilan grafis sering terasa kedodoran.

Untungnya hal tadi dikompensasi dengan baik oleh Smartfren Wide, di antaranya dengan menyediakan fasilitas lengkap baik di sisi koneksi, input maupun output perangkat. Wifi misalnya, selain bisa untuk berinternet, fasilitas ini juga bisa diubah menjadi portable hotspot untuk berbagi internet ke perangkat lain lewat jaringan EVDO-nya. Kamera 3,2 megapikselnya juga sudah dilengkapi fokus otomatis untuk memastikan kualitas gambar yang ditangkap. Kalau butuh hiburan instan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas radio FM di perangkat ini.

Bagaimana dengan kinerja baterainya? Saat PCplus coba mengisinya penuh lalu melakukan aneka kegiatan, perangkat ini mampu bertahan sampai 5 jam nonstop sebelum baterai benar-benar habis. (bsd)


Hasil Uji

Quadrant Advanced Total 411
Quadrant Advanced CPU 649
Quadrant Advanced 3D 273
GLBenchmark 2.0 Egypt Standard 9,1 fps
GLBenchmark 2.0 Pro Standard 9,5 fps
Linpack Android 7.542 MFLOPS

Spesifikasi

Prosesor ARM 11 600 Mhz
RAM 256MB
Kartu Grafis Qualcomm Adreno 200
Wireless 802.11b/g WLAN, Bluetooth
Lain – Lain GPS, Audio Out,
Layar 3,5” 480×800 piksel
Bobot 114 gram
Garansi 1 tahun
Harga* Rp. 1.650.000

PT. Smartfren Telecom Tbk.

+ Kecepatan koneksi EVDO, fasilitas radio FM, Bluetooth A2DP (2.1), fokus otomatis kamera, RUIM.
– Kamera tanpa flash, tidak ada akses cepat kamera (shutter).

Rating :  8,1

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.