Trend Micro Tawarkan Pengaman Semua Perangkat

JAKARTA, RABU – Jika kamu sering atau bahkan nyaris tak bisa tak tersambung ke Internet, kamu harus punya program proteksi yang andal untuk mencegah isi komputer atau perangkat mobile-mu diserobot orang atau bahkan dimanfaatkan orang untuk menyebarkan virus/malware. Tapi apa ya program terbagus? Jawabannya tergantung kebutuhan kamu. Sebab masing-masing program sekuriti punya nilai plus dan minus.

Namun dari sekian banyak program yang tersedia, kamu boleh mempertimbangkan Trend Micro Titanium Cloud Edition Maximum Security 2012. Sebab program berbasis cloud dari perusahaan berusia 33 tahun yang bermarkas besar di Tokyo, Jepang itu tidak pandang bulu dalam melakukan proteksi. Tidak peduli apa perangkat yang dipakai, baik itu PC, laptop, smartphone, atau tablet. Juga tak peduli apa yang diakses, mulai dari file, website, sampai link di social media networking seperti Facebook, Flickr, Google, Foursquare, Twitter. Setiap hari, Trend Micro sukses memblokir 5 miliar ancaman bagi lebih dari 100 juta kustomernya di seluruh dunia.

“Trend Micro mengamankan hampir semua bagian kehidupan digital kita, mulai dari browsing, surfing, social media. Bahkan bisa tune-up system registry seperti kita pertama kali instal sistem operasi. Juga ada mobile security for Android. Ada antispyware, antiphishing, antispam, antirootkit, trojan, bisa mengidentifikasi website yang jahat,” kata Andi Widjaja (President Director, AMP Security Technology) dalam acara peluncuran Trend Micro Titanium Cloud Edition Maximum Security 2012 di Jakarta tadi siang (19/10/2011).

Untuk mengecek reputasi website dan file, terang Andi, Trend Micro punya ribuan server di seluruh dunia yang bisa memberikan peringatan jika website, link atau file yang akan diakses membahayakan. Dan proteksi itu tidak hanya  berlaku untuk PC dan laptop, tetapi juga untuk perangkat berbasis Android (tablet dan smartphone).

Salah satu fasilitas baru di Trend Micro Titanium Cloud Edition Maximum Security 2012, tutur Andi, adalah SafeSync online service. Apa itu? Sesuai namanya, fitur ini berfungsi mensinkronisasikan file-file dan folder yang tersebar di semua device yang kamu miliki – PC, tablet, smartphone, notebook – dan juga mem-backup serta berbagi dengan cara yang aman berbasiskan teknologi dan arsitektur cloud. Sejumlah 10GB SafeSync tersedia gratis bagi setiap pengguna Titanium Cloud Edition Maximum Security 2012.

Apa yang dimaksud dengan cara yang aman di SafeSync? Maksudnya, file-file yang kamu unggah ke platform SafeSync bisa kamu bagi-pakai dengan teman/kerabat yang memang kamu ijinkan saja via perangkat berfitur Internet. Keamanan file terjamin melalui penggunaan enkripsi AES 256-bit.

“SafeSync harus diinstal di masing-masing perangkat,” jelas Andi. “Nantinya ia akan terhubung ke akun Trend Micro milik penggunanya,” tambah Aulia Huriadi (Senior Technical Consultant, Trend Micro Incorporated).

Fasilitas yang baru lainnya adalah Secure Erase File Shredding. Yang ini berfungsi menimpa file-file yang sudah dihapus dengan data random sehingga data itu tidak mungkin lagi dipulihkan. Jika ini dirasa kurang mantap, tersedia opsi Permanent Erase yang akan menimpa file tujuh kali sehingga data benar-benar lenyap. Permanent Erase bahkan sudah memenuhi standar sekuriti data pemerintah AS. “File shredding ini berguna jika kamu akan memberikan notebook atau PC ke orang lain. Karena menghapus data di hard disk belum berarti datanya lenyap. Yang ini memastikan data benar-benar tidak bisa diambil lagi,” jelas Andi.

Fitur menarik lain, urai Andi, adalah Data Theft Prevention yang mampu mengamankan data pribadi penggunanya dari ancaman pencurian via Internet. “Sebab lebih dari 90% virus dan malware ada di Internet,” wanti-wanti Andi.

Yang juga di-highlight Andi adalah Remote File Lock. Fitur ini pada dasarnya akan memberikan password di file yang bisa disinkronisasikan dengan perangkat lain. “Jadi bila perangkatnya hilang, file tadi tidak akan bisa diakses oleh orang yang tidak berhak,” jelas Andi.

O ya bagi pengguna keluarga, jangan lupa aktifkan fasilitas Parental Controls untuk mencegah anak-anakmu mengunjungi situs-situs yang tidak sesuai dengan usianya dan juga membatasi waktu keluyurannya di Internet. Kamu bisa memanfaatkan Parental Controls berdasarkan kelompok usia yang sudah disediakan, atau membuat pengaturan sendiri untuk setiap anak.

Khusus bagi pengguna Android, tersedia Trend Micro Mobile Security for Android Personal Edition yang menyediakan fitur App Scanner. App Scanner yang gratis itu akan secara teratur men-scan semua aplikasi yang kamu unduh dan memastikan apa pun yang kamu instal di perangkatmu itu aman. Setiap page yang kamu kunjungi pun akan di-scan, dan situs-situs berbahaya diblokir.

Melihat kemampuannya, mungkin kamu beranggapan kalau Trend Micro Titanium Cloud Edition Maximum Security 2012 boros sumberdaya dan berat dijalankan. Salah! “Karena menggunakan teknologi arsitektur cloud, ia lebih cepat dan lebih ringan, juga lebih aman dengan adanya SafeSync. Download update pun tak lama. Jika lama tidak di-update, ada notifikasi kecil di kanan bawah,” papar Aulia.

Mau tahu persyaratan minimalnya? Jika komputer kamu pakai Windows 7 (32/64 bit), kamu cuma perlu menyediakan RAM 1GB dan ruang disk 500MB. Tapi kalau kamu pakai Windows Vista SP 1 atau lebih tinggi, kebutuhan minimal memori hanya 512MB (direkomendasikan 1GB). Sedangkan kalau kamu masih bertahan dengan Windows XP SP3 atau lebih tinggi, kebutuhan memorinya 256MB (direkomendasikan 512MB). Kebutuhan ruang disk-nya sama, 500MB.

Lalu lamakah waktu instalasinya? Menurut testimoni pengguna yang mencobanya, begitu kutip Andi, instalasi Trend Micro Titanium Cloud Edition Maximum Security 2012 berlangsung kurang dari satu menit.

Pertanyaan berikutnya, mahal gak ya program sekuriti ini? Program yang dusnya berbahasa Indonesia itu dijual Rp 389 ribu untuk lisensi 1 pengguna selama 1 tahun. Jika mau dipakai 3 pengguna, harganya Rp 549 ribu. Sedangkan untuk Trend Micro Titanium Cloud Edition Internet Security 2012 diecerkan Rp 289 ribu untuk satu pengguna atau Rp 429 ribu untuk tiga pengguna.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.