Ada Dell di balik Kian Lajunya Mobil F1

JAKARTA, SELASA – Peran komputer dalam nyaris segala aspek kehidupan makin terasa. Berkat campur tangan komputer Dell, mobil F1 dibuat melaju 60% lebih cepat. Dan itulah yang dilakukan oleh tim balap Formula 1 yang berbasis di Norfolk, Inggris.

Apa sih yang dilakukan tim Lotus dengan Dell? Pertama, mereka memakai infrastruktur enterprise dan client berbasis standar. Agar para teknisi F1 dapat meneliti detil setiap kegiatan – suhu, aerodinamika ban saat atau setelah balapan – digunakanlah mobile datacentre yang dikembangkan Dell. Fungsi mobile datacenter adalah mengumpulkan dan memroses ribuan megabytes data dari setiap lap balap. Ada 150 sensor di setiap mobil yang terhubung ke trackside datacentre, dan pada saat di proses di lokasi, data terkirim kembali ke pabrik di Inggris untuk dilakukan analisis dengan menggunakan Dell EqualLogic PS6000X iSCSI storage area network arrays (SANs).

Selain itu ada solusi untuk trackside Team Lotus, yakni workstation Dell Precision, termasuk mobile workstation Dell Precision M6400 dan tower workstation Dell Precision T7500.  Dengan mobile workstation  Dell Precision M6400 pada trackside, para teknisi dapat bergerak di antara pitwall, garage dan mobile datacenter, sambil mendapatkan akses ke perangkat analisis secara terus menerus.

Di luar lintasan, Tim Lotus menggunakan infrastruktur Dell untuk menjalankan desain mobil F1 melalui teknologi seperti computational fluid dynamics untuk mereplikasi wind tunnels guna meningkatkan aerodynamika mobil.  Guna memberi tenaga pada proses yang rumit, Team Lotus menggunakan solusi Dell high performance computing (HPC) di pabriknya, yang terdiri dari server blade Dell PowerEdge M1000e, Dell PowerEdge M610 dan rack server Dell PowerEdge R610 dan R710.

Selain itu, sepertiga dari karyawan Team Lotus yang bekerja on-the-go” menggunakan lebih dari 80 notebook Dell Latitude series. Mereka bekerja dengan memanfaatkan Software-as-a-Service (SaaS) Dell, yang mencakup kontinuitas email, pengarsipan dan crisis alerting. Sedangkan karyawan kantor dan pabrik Team Lotus menggunakan desktop Dell OptiPlex 780.

Apalagi ya peran Dell? Hmm, solusi Dell ProSupport Enterprise-Wide Contract, yang memberikan dukungan proaktif dengan fokus penyederhanaan pada lingkungan TI dan kepastian adanya  maximum uptime dan peningkatan produktivitas.  Plus perjanjian Worldwide On-Site Response yang menjamin empat jam waktu respon untuk servicing dan repairs pada saat musim F1.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.