Android di TV Rumah dengan SpeedUp TV

JAKARTA, KAMIS – Android umumnya dijumpai di perangkat smartphone, tablet PC atau bahkan netbook/notebook. Bagaimana kalau Android bisa muncul di perangkat televisi di rumah lengkap dengan semua kemampuannya, seperti main game, browsing, baca e-book, dan sebagainya?

SpeedUp TV memungkinkan hal tersebut terjadi. Perangkat yang baru diperkenalkan oleh MLW Telecom (produsen perangkat modem SpeedUp) ini bisa memanfaatkan televisi yang biasa dipakai untuk melihat siaran terestrial menjadi televisi yang lebih pintar.

Bentuknya mirip router nirkabel yang biasa dipakai untuk berbagi internet. Tapi di belakangnya tersedia output tambahanyang bisa disambungkan ke TV. Di dalamnya bercokol prosesor ARM Cortex A9 dengan kecepatan 1Ghz, storage berkapasitas 2GB. SpeedUp membagi produknya ini dalam 2 seri, SpeedUP TV Exploria dan SpeedUP TV Euphoria. Keduanya sama-sama punya prosesor Cortex A9. Yang membedakan adalah fasilitas Wifi dan memori sistem yang lebih besar (512MB) di seri Euphoria. Sementara seri Exploria tidak dibekali koneksi Wifi dan pengguna hanya bisa mengoneksikan perangkat ke jaringan LAN kabel.

Lantas bagaimana mengoperasikan Android yang sharusnya dilakukan dengan layar sentuh itu? Rahasianya ada di remote milik SpeedUp TV yang bisa mengenali gerakan tangan. Dari sini seluruh kegiatan di Android bisa doperasikan, termasuk saat memainkan game-game yang butuh gesture khusus. “Jadi mirip ketika kita memakai Nintendo Wii yang membaca grakan tangan lewat remotenya,” jelas Mulyadi Chiaki (Manager Product Computing Division, SpeedUp). Hebatnya, perangkat mungil ini juga sudah mampu memutar video berdefinisi FullHD tanpa hambatan serta mendukung beragam jenis televisi termasuk televisi lawas.

Semua seri SpeedUp TV memiliki port USB yang bisa disandingkan dengan beragam jenis perangkat, seperti kamera digital, eksternal harddisk, dan juga modem 3G dari SpeedUp. Nah, kalau berminat dengan perangkat ini, SpeedUp TV dipasarkan mulai harga 999.000 rupiah untuk seri Exploria.

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

12 thoughts on “Android di TV Rumah dengan SpeedUp TV

  • 03/11/2011 at 13:51
    Permalink

    kalo di indonesia sudah ada gak? dimana bisa dapat membelinya?

  • 03/11/2011 at 14:13
    Permalink

    Sudah diluncurkan bos. Bisa cari di Indocomtech booth Speedup yang berlangsung sampai tanggal 6 ini 🙂

  • 04/11/2011 at 17:21
    Permalink

    Pertanyaannya internet broadband di Indonesia apakah sudah mampu untuk streaming video ? sangat disangsikan. Apalagi ini HSDPA GSM. Provider yang murah, keterlaluan lambatnya, sedangkan yang mengaku cepat keterlaluan tarif dan kuotanya.

  • 04/11/2011 at 18:17
    Permalink

    Sebenarnya ini sih nggak cuma buat video streaming mas. Justru video di perangkat ini lebih enak dilihat dari kartu memori atau hdd eksternal ayng dicolok ke sini. Internet lebih untuk browsing sih, meskipun tidak menutup kemungkinan melihat video streaming yang lambat itu 🙂

  • 05/11/2011 at 12:23
    Permalink

    Utk yg senang streaming, nonton youtube, sbp tv, kid tv, nick tv, radio streaming, videocall/skype..ada baiknya ya pake broadband CDMA yg mendukung evdo revolusi A -3.1 mbps atau utk share user pake evdo revolusi B- 14.7 mbps. Saya sendiri pengguna evdo A utk hp android & utk tablet dari provider yg berbeda. Sdh 3 bln sy pake alhamdulillah kuenceng..gak ada lag atau jg buffer. Sy pake yg 100rb/bln dgn kuota 2 gb, yg satu lg kuota 14gb. Jujur yg kuota 2Gb aja gak pernah habis selama ini. Mentok2 kepake 1,8Gb. Saran sy tunggu aja tv android box yg mendukung CDMA evdo. Menurut rekan sy bbrp bln lg/mungkin januari, sdh tersedia. Jd lbh baik bersabar beli tv android, drpd nyesel pake broadband GSM. Krn GSM yg 3G dgn evdo A 3G atau GSM 4G dgn evdo B 4G, msh tetap unggul Evdo.(Hny berbagi pengalaman saja, bkn dr provider mana2)

  • 07/11/2011 at 17:25
    Permalink

    yah gw sih pilih dreambox (DM800),sama aja malah lebih powerfull

  • 09/11/2011 at 21:00
    Permalink

    woooow keren apalagi kalo udah EVDO rev B… mau dong…

  • 23/11/2011 at 20:50
    Permalink

    Sepertinya Speedup TV coba ngunggulin Smart TV emang bisa browsing, surfing tp bisa download gak n ada usb buat external HDD? kl LG Smart TV udh ada usb nya utk koneksike HDD external ditambah kl beli LG Cinema 3D smart TV dapet konten premium yg gak ada dimanapun “K-Pop Zone”.

  • 23/11/2011 at 21:41
    Permalink

    Di Speedup TV versi Wifi tersedia USB yang bisa mengenali HDD eksternal 🙂

  • 28/11/2011 at 16:08
    Permalink

    kalo bisa baca external HDD apakah bisa mainkan semua format video seperti avi divx, mkv, flv rmvb, mov, wmv, ??
    dimana saya bisa cari info website resminya?

  • 28/01/2012 at 15:27
    Permalink

    Ada nomor yg bisa dikontak?

  • 09/05/2012 at 18:29
    Permalink

    udah ada di Indonesia. Jadi kalo nggak punya cukup uang untuk mengganti TV tabung ke smart TV, beli aja speedUp TV di telkomsel counter atau plasa telkom. Harganya juga terjangkau cuma Rp 1.399.000 untuk euphoria dan Rp 999.900 untuk exploria.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.