LUMIX GX1, Kamera dengan Spec Tinggi dari Panasonic

JAKARTA, SENIN – Libur akhir tahun tinggal dua bulan lagi. Bagi banyak produsen kamera, ini berarti musim kamera dengan sistem baru. Selama ini mirrorless, interchangeable dan Micro Four Thirds berlomba-lomba hadir. Eh Panasonic menambahkan satu lagi jajarannya, yakni LUMIX GX1. Kamera ini punya sensor Live MOS 16.01 megapiksel dan Venus Engine. ISO-nya bisa didorong sampai maksimal 12.800. Ia mengemaskan flash built-in, AF yang cepat, dan hot shoe.

Seperti semua model LUMIX seri G dari Panasonic, LUMIX GX1 mengadopsi Contrast AF sebagai sistem fokusnya. Maksudnya, fokus dikendalikan oleh sensor image. Jika dibandingkan Phase difference system AF< Contrast AF lebih akurat, khususnya ketika ditandemkan dengan lensa yang cerah dengan nilai F yang kecil. Contoh, akurasi dari Contrast AF sekitar 90%, sedangkan Phase difference AF sekitar 60% pada F1.4.

Selain itu, dengan sistem Contrast AF yang presisi, LUMIX GX1 mencapai resolusi tinggi melalui keseimbangan optimal antara resolusi dan reduksi noise. Ini menyebabkan image yang mirip aslinya dan juga Auto Exposure dan white balance yang sangat presisi. Agar Contrast AF lebih mantap lagi, LUMIX GX1 memadukan full-area focussing sehingga pengguna bisa mengeset fokus di sebarang titik pada field of view.

 

Dengan layar sentuh LCD 3”, mengomposisi frame pun jadi intuitif dan mudah. Kamera Panasonic LUMIX GX1 ini juga bisa merekam video 1920×1080 pada 60i dengan output sensor 30p. Video akan disimpan dalam format AVCHD. Video juga bisa direkam dalam format MP4 agar bisa diputar di PC atau pemutar video portabel lain tanpa harus mengonversi file terlebih dulu.

 

 

O ya, Touch AF di rekaman video memungkinkan penggunanya untuk lebih mudah memfokus.  Tinggal arahkan ke subjek dan fokus akan berpindah. Rekaman bisa langsung dimulai dengan menekan tombol video record khusus di bagian atas saat gambar diam (foto) juga diambil tanpa perlu mengatur ini dan itu lagi.

Panasonic LUMIX DMC-GX1 siap hadir bulan pertengahan Desember dengan warna bada hitam dan silver. Body-only-nya dibandrol US$ 699.99. Sedangan jika dibundel dengan  LUMIX G X VARIO PZ 14-42mm / F3.5-5.6 ASPH. / POWER O.I.S (H-PS14042) lens, harganya menjadi US$ 949,99. Namun jika dibundel dengan 14-42 standard zoom, harganya hanya US$ 799,99.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

3 thoughts on “LUMIX GX1, Kamera dengan Spec Tinggi dari Panasonic

  • 07/11/2011 at 18:54
    Permalink

    buset deh harganya muahal.. Mending aku beli camera beneran aja yg SLR

  • 08/11/2011 at 18:57
    Permalink

    Hheheeh emang yang ini bukan kamera beneran ya mas? 😀 *just kidding

  • 10/11/2011 at 11:04
    Permalink

    fitur BOLEHLAH….. tapi harganya LUMAYANLAH…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.