Senayan City, Mal Pertama dengan Sertifikasi “Toko Asli”

JAKARTA, SENIN – Mau belanja produk bermerek yang asli? Datanglah ke mal Senayan City di Jakarta. Di mal ini  dipastikan hanya barang-barang bermerek original, bukan tiruan atau palsu yang dijajakan. Apa jaminannya? Jaminannya adalah sertifikasi yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

“Dulu kami yang melakukan sweeping,(tetapi) sekarang mereka (pengusaha/pengelola mal) sendiri yang membersihkan. Dan kami beri sertifikat,” ungkap Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI, Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, S.H., M.H.,FCBArb  di sela-sela seminar Juklak dan Juknis Administrasi Pendaftaran Desain Industri dan Hak Cipta tadi pagi di Jakarta (14/11/2011). Mal dijadikan sasaran, karena menurut Ahmad Rusli, biasanya di lokasi itu dijual produk-produk bermerek terkenal.

Tujuan gerakan Toko Asli ini, kata Ahmad Ramli, adalah agar masyarakat bisa mendapatkan produk yang benar. “Kalau yang dilanggar itu merek farmasi, kan bisa meresahkan masyarakat. Kami ingin masyarakat selamat. Bukan sekadar pro produsen, tapi lindungi konsumen,” tandasnya.

Senayan City, tambah Ahmad Ramli, merupakan mal pertama yang mendapatkan sertifikasi dari Dirjen HAKI. Namun mal lain pun bisa mendapatkan sertifikat tersebut. “Sebab sertifikat ini sifatnya sukarela. Kami kirimi (pengelola mal) surat, yang bersangkutan lalu melakukan pendaftaran, dan nanti akan ada tim kami datang mengevaluasi,” terang lelaki berkacamata itu.  “Targetnya, semua toko bersih,” tambahnya.

Eh tapi bagaimana dengan mudah membedakan mana mal atau toko yang menjual produk original dan mana yang tidak? “Ada label Toko Asli. Nanti ada stikernya, seperti stiker Halal-nya MUI,” kata Ahmad Ramli.  Pihak Dirjen HAKI, tambanya, sedang menggagas kehadiran komunitas toko online dan mal yang hanya menjual barang-barang original.

 

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Senayan City, Mal Pertama dengan Sertifikasi “Toko Asli”

  • 24/02/2012 at 15:05
    Permalink

    Bagus jg, saya setuju dengan adanya sertifikasi. Tp bagaimana dengan toko online. Apakah bisa mendapatkan juga sertifikasi tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.